Gagal Naik Jabatan Tahun Ini? Mungkin Ini Penyebabnya!

Gagal naik jabatan kerap dialami beberapa karyawan yang merasa punya kemampuan baik. Mungkin hal ini juga sempat terjadi pada dirimu saat sudah bertahun-tahun bekerja di suatu perusahaan. Sebenarnya banyak faktor yang melatarbelakanginya, bisa jadi salah satu alasan ini jadi penyebab kamu gagal naik jabatan.

Kurang Rasa Percaya Diri Bikin Kamu Gagal Naik Jabatan

Bertahun-tahun bekerja dan menekuni bidang tertentu tidak lantas serta merta membuat seseorang mudah percaya diri dalam berkarier. Kalau rasa minder masih saja kerap muncul dalam kariermu, bisa jadi inilah salah satu penyebab kamu belum juga promosi.

Menjadi seorang pemimpin tentu butuh banyak kemampuan dengan rasa percaya diri cukup tinggi. Jika kamu masih terkesan malu-malu saat bekerja dalam tim, atasanmu pun mungkin ragu juga kepadamu. Oleh sebab itu, pupuklah rasa percaya diri sedari sekarang sebagai bekal untuk karier lebih baik.

Lebih Sering Pasif dalam Rapat atau Kerja Sama Tim

Apakah kamu termasuk golongan karyawan yang cenderung lebih suka diam saat berdiskusi dengan tim di kantor? Kalau iya, jangan salahkan siapa pun andai kamu gagal naik jabatan. Seseorang yang pasif tentu bukan menjadi prioritas untuk direkomendasikan promosi.

Atasanmu tentu lebih suka pada karyawan yang pro aktif dan inisiatif. Saat kamu berada di level karier yang lebih tinggi, pemikiran dan ide kamu sangat dibutuhkan untuk menggerakkan tim. Kalau kamu saja pasif, bayangkan saja apa jadinya anggota tim yang kamu miliki kelak.

Baca Juga: Ingin Naik Jabatan? Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Lakukan 3 Hal Ini

Ada Juga yang Gagal Naik Jabatan karena Sedikit Kurang Pergaulan

Bagaimana pun juga, relasi antara karyawan dengan beberapa atasan juga penting untuk dibangun. Dengan relasi yang baik, tingkat kepercayaan atasan pada anak buahnya pun dapat meningkat. Mau tidak mau, seorang atasan akan cenderung memilih karyawan yang dekat padanya untuk dipromosikan.

Suka tidak suka, hal ini kerap terjadi di banyak perusahaan. Semakin minim pergaulanmu di lingkungan kantor, semakin kecil pula peluangmu untuk dikenal olah atasan-atasan. Jadi, jangan tutup mata juga ya untuk tetap bergaul dengan banyak orang di kantor.

Mirisnya, Gagal Naik Jabatan Juga Tergantung Faktor Bos Suka atau Tidak Padamu

Alasan terakhir ini memang cukup ironis. Ada kalanya atasan enggan mempromosikan salah satu karyawannya hanya karena alasan subjektif. Rasa tidak suka atasan pada karyawan bisa membuatnya tidak akan pernah menaikkan jabatan anak buah.

Memang sangat miris, tetapi hal ini kerap terjadi. Cobalah cek dan renungkan kembali, apakah hubunganmu dengan atasan selama ini masih baik-baik saja atau justru sering terjadi konflik. Kalau kamu merasa sudah bekerja dengan sangat baik tapi tak diapresiasi bertahun-tahun, mungkin ini tanda waktunya kamu hengkang mencari yang lebih baik.

Gagal naik jabatan bukanlah akhir dunia. Jika faktor penyebabnya masih bisa kamu perbaiki, perbaikilah sekarang. Namun, ada kalanya faktor eksternal juga harus kamu terima dengan lapang dada ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here