Wajib Tahu! Penyebab Gagal Nego Gaji yang Kerap Tak Disadari Calon Karyawan

Nego gaji merupakan tahapan penting yang harus kamu lakukan sesaat sebelum diterima kerja. Namun, proses nego tersebut tak boleh dilakukan sembarangan. Faktanya, ada berbagai penyebab gagal nego gaji yang sering kali tak disadari oleh calon karyawan.

Apakah beberapa penyebab gagal nego gaji ini pernah terjadi pada dirimu?

Kalau sekarang kamu masih dalam tahap mencari kerja, maka informasi tentang nego gaji berikut ini tentu patut disimak secara cermat:

Tidak Mengetahui Standar Perusahaan

Penyebab gagal nego gaji ini paling sering dialami oleh calon karyawan. Padahal, hambatan ini bisa disiasati dengan mencari tahu standar perusahaan sebelum melakukan proses nego gaji. Kamu bisa mencari informasi tentang standar gaji melalui internet atau orang-orang terdekat yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan demikian, kamu bisa menentukan besaran gaji yang diinginkan secara tepat agar tak jauh berbeda dengan standar perusahaan.

Baca Juga: Terungkap! 4 Alasan Ini Membuat Calon Pekerja Takut Negosiasi Gaji

Tak Menyebutkan Keunggulan yang Bisa Kamu Berikan

Kalau kamu tak menyebutkan berbagai keunggulan yang bisa kamu berikan, kemungkinan besar proses nego gaji akan gagal. Perusahaan akan menganggap kamu sama saja dengan kandidat karyawan lainnya.

Penyebab gagal nego gaji yang satu ini dapat diatasi bila kamu mampu menyebutkan berbagai kelebihan sebagai calon karyawan. Kelebihan tersebut akan membuat perusahaan tak segan memberikan gaji besar untuk kamu.

Menunjukkan Sikap Kurang Percaya Diri

Pembawaan yang percaya diri ternyata sangat penting untuk memperbesar peluang sukses nego gaji. Tak banyak orang yang tau bahwa kurang percaya diri di hadapan tim rekrutmen bisa menjadi penyebab gagal nego gaji.

Itulah sebabnya, kamu harus tampil sebagai calon karyawan yang berkarisma dan terkesan profesional, terutama bila kamu sudah memiliki pengalaman kerja dan kemampuan yang memadai.

Menyebutkan Ekspektasi Terlalu Tinggi

Hal yang satu ini sering terjadi pada para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Rupanya penyebab gagal nego gaji juga bisa terjadi kalau kamu menyebutkan ekspektasi terlalu tinggi.

Misalnya, menginginkan gaji Rp10 juta per bulan untuk bekerja di posisi entry level. Ekspektasi berlebihan ini bahkan bisa membuat tim rekrutmen memutuskan untuk mundur dan memilih kandidat karyawan lain.

Memberikan Jawaban Retorika

Beberapa jawaban retorika yang kerap menjadi penyebab gagal nego gaji, yaitu,

  • “Saya siap digaji berdasarkan standar perusahaan.”
  • “Gaji tak jadi masalah bagi saya karena tujuan utama saya adalah berkontribusi untuk perusahaan.”
  • “Biarkan perusahaan menilai performa kerja saya terlebih dahulu tanpa mementingkan urusan gaji.”

Kalau kamu tak mau digaji kecil, maka sebaiknya kamu tidak mengeluarkan pernyataan retorika tersebut dalam proses nego gaji.

Semoga kamu bisa lebih bijaksana dan cermat menghindari beragam penyebab gagal nego gaji tersebut saat berhadapan dengan tim rekrutmen. Karena performa kerja dan profesionalitas dirimu harus sebanding dengan gaji yang didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here