Sudah Kerja tapi Masih Minta Uang Orangtua, Apa Penyebabnya?

Semua orangtua pasti bahagia bila anaknya sudah menamatkan pendidikan dan bekerja. Orangtua pasti ingin anaknya menjadi mandiri dan bertanggung jawab. Sayangnya, justru tak sedikit anak yang sudah bekerja tetapi masih minta uang orang tua. Sehingga orangtua yang mapan secara finansial pun tak segan untuk tetap mengabulkan permintaan tersebut.

Sebenarnya, minta uang orangtua ketika sudah bekerja bukanlah kebiasaan yang pantas dilakukan seseorang yang telah dewasa. Kalau kebiasaan tersebut kamu jalani hingga sekarang, maka sebaiknya kamu melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa mandiri secara finansial:

Membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Banyak kasus anak masih minta uang orangtua setelah bekerja karena tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Akibatnya, gaji setiap bulan hanya habis untuk memenuhi keinginan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Demi meminimalkan kecenderungan ini, kamu harus lebih cermat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Gunakan sebagian gaji untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan jangan muda tergoda membeli barang apa pun jika hanya untuk memuaskan keinginan semata.

Baca Juga: Hati-Hati! Aktivitas Multitasking Keuangan Bisa Merugikan Dirimu Sendiri

Memulai Kebiasaan Menabung dan Berinvestasi Secara Disiplin

Minta uang orangtua setelah bekerja juga bisa terjadi karena kamu tidak teliti mengatur kondisi finansial pribadi. Akibatnya, kamu jadi kesulitan memenuhi kebutuhan mendesak akibat kehabisan uang. Itulah sebabnya, kamu mesti memulai kebiasaan menabung dan berinvestasi secara disiplin.

Sehingga tabungan dan investasi pribadi tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak dan genting. Saat ini, banyak sekali pilihan investasi yang cocok untuk generasi muda karena bisa dimulai dengan modal awal sesuai kemampuan, misalnya deposito, reksadana, saham, dan logam mulia.

Mengajak Pacar untuk Berhemat

Salah satu hal yang membuat seseorang tetap minta uang orangtua walaupun telah bekerja adalah biaya kencan yang relatif besar. Kencan setiap minggu dengan pacar memang butuh banyak biaya, apalagi bila kamu selalu mengunjungi pusat perbelanjaan, nongkrong di kafe, atau makan di restoran.

Jika ingin berhenti minta uang kepada orangtua, ajaklah pacar untuk berhemat. Selain mengurangi pengeluaran, kamu dan pacar juga bisa menyisihkan uang bersama bila berniat melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Menjalani Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Kalau pendapatan kamu benar-benar tak cukup sehingga masih minta uang orangtua, maka sebaiknya kamu berencana menjalani pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan. Pekerjaan atau bisnis di luar pekerjaan utama akan memberikan pendapatan tambahan yang bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan.

Bukan mustahil jika nanti kamu pindah ke bidang pekerjaan lain atau serius menekuni bisnis sampingan karena pendapatannya jauh lebih besar daripada pekerjaan sekarang.

Jangan sampai kebiasaan minta uang orangtua terus terjadi hingga ketika kamu berumah tangga. Ingatlah bahwa pendapatan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi tak pernah cukup untuk gaya hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here