Hati-hati! 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Masalah Kesehatan Mental Kamu

Rasanya sulit untuk membayangkan jika di zaman modern ini harus hidup tanpa teknologi. Selama ini kemajuan teknologi membuat hidup menjadi lebih mudah, tapi sisi buruknya ini bisa menjadi sumber masalah kesehatan mental.

Teknologi modern dengan kebiasaan yang salah akan menjadi musuh terbesar bagi kondisi mental seseorang. Kebiasaan tersebut akan membentuk pola yang kenyataannya memberikan dampak negatif dalam kehidupan.

Untuk menghindari masalah kesehatan mental, ada baiknya kamu perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk ini:

Masalah Kesehatan Mental Terpicu karena Kurang Tidur

Tidur adalah hal terpenting yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kembali energi yang sudah digunakan selama seharian penuh. Jika kamu tidak cukup mendapatkan tidur yang berkualitas, maka akan sulit untuk memaksimalkan fungsi tubuh baik secara fisik maupun mental.

Ada banyak faktor yang bisa membuat tidur kamu terganggu, misalnya pola makan yang buruk, kurang olahraga, teknologi modern, atau konsumsi kafein yang berlebih.

Menekan Kemarahan Bisa Memicu Masalah Kesehatan Mental

Banyaknya tanggung jawab dan beban yang membuat emosi meluap menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi masa modern ini. Namun ini bisa menjadi masalah yang serius jika kamu memendam amarah dan menyimpan dendam di dalam hati.

Intinya, emosi kamu tidak tersalurkan dan menumpuk untuk waktu lama sehingga menjadi masalah kesehatan mental. Untuk menyelamatkan diri dari kondisi ini, kamu sebaiknya mengekspresikan diri lebih terbuka dan belajar mengontrol diri ketika emosi yang dirasakan sudah sangat parah.

Baca Juga: Pandemic Fatigue: Kiat Mengatasi Lelah Mental Akibat Pandemi

Tidak Melakukan Olahraga yang Cukup

Karena memiliki segalanya, ditambah berbagai fitur teknologi yang mempermudah aktivitas keseharian, kamu jadi lebih sedikit bergerak. Misalnya, kamu memilih menggunakan lift daripada tangga, atau memilih naik mobil daripada sepeda sekalipun jarak yang dituju sangat dekat.

Kebiasaan buruk ini akan meminimalisir gerakan yang oleh tubuh. Kondisi akan semakin parah bila kamu malas berolahraga. Padahal penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memperbaiki gejala pada orang yang menderita depresi dan kecemasan.

Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Terlepas pria atau wanita, kebiasaan berbelanja berlebihan juga termasuk salah satu hal yang bisa memicu masalah kesehatan mental. Terlebih bila kamu belanja barang-barang yang tidak diperlukan. Ingatlah, materi tidak menjamin kebahagiaan.

Mungkin kamu akan merasa puas ketika belanja, tetapi kepuasan ini hanya sesaat. Masalah kesehatan mental akan semakin parah bila kamu tidak bisa membeli semua yang kamu inginkan. Kamu akan merasa cemas dan stres.

Nah, bila kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, yuk perbaiki agar kesehatan mental kamu terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here