6 Penyebab Payudara Terasa Gatal yang Membuat Risih dan Tidak Nyaman

6 Alasan Payudara Terasa Gatal yang Membuat Risih dan Tidak Nyaman
Sumber: Verywellhealth

Mengalami masalah payudara terasa gatal bagi wanita adalah sesuatu yang membuat tidak nyaman. Apalagi bila Anda termasuk orang yang aktif dan tiap hari harus berkomunikasi dengan klien. Menurut Gary Goldenberg, M.D., asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York, payudara terasa gatal adalah hal normal. Tapi umumnya, ada beberapa alasan kenapa payudara gatal. Dan berikut penjelasannya untuk Anda.

Ini Dia Penyebab Kenapa Payudara Terasa Gatal

Anda Lupa Kapan Terakhir Mencuci Bra

Anda mungkin punya 2 – 3 bra favorit dan sering dipakai dibandingkan bra yang lain. Parahnya lagi adalah Anda mungkin lupa mencucinya. Sayangnya, apa yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan masalah pada payudara. Menurut Dr. Goldenberg, pakaian kotor, termasuk pakaian dalam seringkali mengandung bakteri yang dapat menginfeksi dan membuat kulit iritasi.

Secara umum, dada Anda cenderung akan menjadi tempat di mana bakteri berkembangbiak dan berkat keringat yang terjadi pada area tersebut, Anda harus benar-benar mencuci bra setelah dipakai. Bila Anda berpikir payudara terasa gatal disebabkan karena bra yang kotor, memakai antibiotik topikal seperti Neosporin dapat mengatasi iritasi. Namun yang pasti adalah Anda harus mencuci bra dengan bersih.

Baca Juga: Kulit Kering saat Musim Hujan? Ini Tips untuk Mengatasinya!

Anda Mengalami Sunburn

Mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 50 atau lebih tinggi sebelum berenang di pantai atau kolam renang penting dilakukan. Juga, bila Anda liburan ke pantai atau tempat-tempat yang panas. Bila bagian dada Anda tidak tertutup, ada kemungkinan kulit payudara yang sensitif akan terbakar, terutama karena bagian ini biasanya tidak terkena sinar matahari.

Sunburn ini juga dapat menyebabkan gatal yang intensif akibat iritasi kulit. Untuk mengatasi payudara terasa gatal akibat sunburn, Dr. Goldenberg pun menyarankan Anda untuk menenangkan rasa gatal tersebut dengan pelembap. American Academy of Dermatology bahkan merekomendasikan Anda untuk mandi air dingin atau memakai pelembap berbasis lidah buaya.

Sabun dan Detergen yang Dipakai Tidak Cocok dengan Anda

Dermatitis kontak adalah sebuah reaksi alergi yang terjadi ketika kulit terkena sesuatu yang tidak disukai dan gatal menjadi salah satu akibat paling umum. Bila Anda mencuci bra dengan detergen yang tidak cocok, kemungkinan payudara Anda akan berkerut dan menjadi gatal. Wewangian juga bisa menjadi penyebab. Oleh karena itu, Dr. Goldenberg pun merekomendaikan Anda untuk mengganti produk fragrance-free bila Anda mengalami reaksi apapun.

Anda Mengalami Masalah Eksim

Eksim adalah sebuah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan gatal kering hingga memunculkan ruam berwarna kemerahan. Bila Anda mengalami payudara terasa gatal untuk sementara dan Anda tidak dapat mengetahui kenapa sebabnya, bisa jadi eksim-lah biang keroknya. Hal demikian seperti yang diungkapkan oleh Jack Jacoub, M.D., seorang ahli onkologi medis dan direktur medis di MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

Anda Punya Masalah Psoriasis

Psoriasis adalah sebuah kondisi yang menyebabkan sel kulit menumpuk dan membentuk sisik-sisik, serta bercak kering dan terasa gatal. Sayangnya, seperti halnya eksim, masalah kulit ini juga dapat muncul pada bagian atas dan bawah payudara. Jadi, bila Anda ingin mengatasi payudara terasa gatal, Dr. Goldenberg merekomendasikan Anda untuk menghindari wewangian karena dapat memperburuk psoriasis.

Anda Mengalami Infeksi Jamur di Bawah Payudara

Penyebab lain kenapa payudara terasa gatal adalah Anda mengalami infeksi jamur. Selama ini, Anda mungkin mengaitkan infeksi jamur pada vagina, namun masalah ini juga umum terjadi di bawah payudara. Kelembapan dapat terperangkap pada bagan tersebut hingga menciptakan lingkungan yang sempurna bagi jamur untuk berkembang hingga membuat kulit terasa gatal. Untuk mengatasinya, pastikan Anda menjaga area tersebut tetap kering.

Beri komentar Anda tentang artikel ini