4 Kebiasaan Beracun yang Membuat Perkembangan Karier Melambat

Ada banyak faktor yang membuat perkembangan karier melambat, dan akhirnya terjebak dalam fase stagnasi. Selama ini banyak orang merasa sudah bekerja cukup keras, namun hasilnya tidak benar-benar berhasil. Lantas apa yang paling berpengaruh terhadap kondisi karier yang memprihatinkan tersebut?

Melakukan evaluasi diri menjadi hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mencari jawab dari pihak-pihak luar seperti mekanisme perusahaan atau pengaruh lingkungan. Dan salah satu hal yang perlu kamu pahami tentang diri sendiri adalah kebiasaan. Adakah kebiasaan-kebiasaan kamu yang membuat karier melambat?

Tidak Jujur

Hal yang paling salah dan menghambat karier adalah ketika kamu tidak jujur pada diri sendiri. Kamu memang dituntut untuk selalu memberikan kinerja terbaik, tapi bukan berarti kamu bisa melakukannya dengan cara apapun. Ketidak jujuran ini banyak terjadi di berbagai tempat, termasuk di awal karier saat menggambarkan diri kamu melalui CV kerja.

Banyak orang cenderung memoles kemampuan mereka agar lebih baik saat ditulis di atas kertas. Padahal kenyataannya hal-hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Kebiasaan ini bisa menjadi sangat beracun dan menghambat perkembangan karier.

Bersikap Arogan

Bahkan ketika kepercayaan diri dibenarkan, itu masih bisa menjadi pedang bermata dua. Memang memiliki kepercayaan diri diperlukan dalam kehidupan, namun akan menjadi bumerang bila kamu berpikir sebagai pahlawan super tidak bisa berbuat salah.

Meskipun kamu memiliki pengalaman dan bakat yang luas, penting untuk mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Sukses bisa menjadi musuh terburuknya sendiri.

Baca Juga: Tips Sederhana Semangat Kerja Saat Sedang Down dalam Karier

Pasif Agresif

Jika kamu menemukan diri sendiri mengatakan kepada orang-orang apa yang kamu pikir ingin mereka dengar dan kemudian melakukan yang sebaliknya, itu disebut perilaku agresif pasif.

Ketika kamu bersikap seolah ingin membuat orang lain senang, tetapi kemudian aksi yang kamu lakukan tidak sesuai maka rencana yang sudah dihamparkan organisasi akan berantakan. Perilaku seperti itu akan kembali menggigit kamu pada akhirnya.

Zero-Sum

Kebiasaan beracun lainnya yang bisa membuat karier melambat adalah zero-sum. Ketika kamu melakukan wawancara untuk suatu pekerjaan atau mencoba memenangkan penjualan, biasanya ada satu pemenang dan banyak pecundang. Itu disebut permainan zero-sum.

Tetapi tempat kerja bukanlah permainan zero-sum dan juga bukan hubungan dengan rekan kerja. Mereka tidak bermusuhan. Setiap orang harus bekerja menuju tujuan yang sama. Jika tidak, organisasi itu tidak berfungsi, yang biasanya merupakan masalah kepemimpinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here