Selain Penuaan Dini, Ternyata Ini Penyebab Rambut Cepat Beruban

Rambut yang sehat biasanya juga mencerminkan pemiliknya, yang berarti ia adalah orang yang peduli akan kesehatan dan perawatan dini. Namun, bagi beberapa orang, uban bisa saja tumbuh lebih cepat. Akibatnya, kekhawatiran akan penuaan dini mulai menguap. Melansir Reader’s Digest, ternyata ada beberapa penyebab rambut beruban selain karena penuaan dini. Penasaran?

Genetik

Sumber: noticias.tramitar.mx

Penyebab rambut berubah warna bisa disebabkan oleh gen Anda. Sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Communications mengisolasi satu varian gen yang dikaitkan dengan uban setelah para peneliti menganalisis fitur rambut 6 ribu orang Amerika Latin. Kondisi ini bisa terjadi karena genetik, sama seperti mereka yang mengalami kebotakan. Jadi, untuk faktor ini tidak ada cara untuk mencegahnya.

Baca Juga: Tumbuh Uban di Usia Muda, Benarkah Tanda Masalah Kesehatan?

Penyakit Autoimun

Sumber: Reactivating Passion

Penyakit kulit autoimun yang disebut alopecia areata adalah penyebab rambut beruban saat usia muda. Sebagaimana dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation (NAAF), orang-orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak-bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala. Parahnya, mereka terancam kehilangan rambut di kepala atau tubuh mereka.

Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut sehingga rambut rontok. Ketika tumbuh kembali, rambut tumbuh menjadi putih. Sekitar 6,6 juta orang di Amerika Serikat (AS) telah atau akan mengembangkan kondisi tersebut, menurut NAAF. Jika Anda melihat kerontokan rambut yang mengkhawatirkan atau kebotakan, bicarakan segera dengan dokter kulit Anda.

Polusi Lingkungan

Sumber: Science News

Polutan dan racun dapat menyebabkan Anda lebih memiliki uban. Bahan kimia ini menghasilkan radikal bebas atau stres oksidatif yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut. Tapi, begitu rambut tumbuh dari folikel, ia bisa mati atau tumbuh memutih.

Stres Berat

Beberapa tahun silam ketika Barack Obama menjadi presiden AS, ia memasuki kantor dengan  rambut yang gelap. Lima tahun kemudian, publik khawatir karena rambutnya beruban. Stres berat adalah penyebab rambut beruban yang dialami Obama. Namun stres hanya akan mempercepat takdir genetik Anda. Artinya, jika Anda tidak memiliki gen rambut beruban maka stres tidak mungkin mengubah warna rambut Anda. Tetapi jika rambut beruban ada dalam gen Anda, stres dapat membuat rambut Anda menjadi lebih cepat berubah putih.

Perubahan Hormon

Sumber: Remedies For Me

Ini adalah penyebab rambut beruban lainnya. Karena hormon, rambut Anda dapat berubah dari waktu ke waktu dalam tekstur, kerapatan, dan warna. Proses ini paling cepat mulai terlihat ketika Anda berusia 30 tahun. Ini usia ketika orang-orang mulai datang ke dokter dan mengeluh tentang masalah ini. Para ahli masih berusaha memahami dengan tepat bagaimana hormon (seperti estrogen, progesteron, dan kortisol) memengaruhi kulit yang mulai memutih. Padahal di luar sana juga kita bisa menemukan wanita berusia 50-an yang mengalami menopause namun tidak memiliki rambut beruban. Ini mungkin terjadi karena banyak sebab, seperti genetika Anda, faktor lingkungan, dan perubahan hormon.

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Mayonaise untuk Perawatan Rambut

Beri komentar Anda tentang artikel ini