5 Alasan Utama Penyebab Sakit Kepala, Yuk Kenali dari Sekarang!

penyebab sakit kepala
Sumber : ladiesin

Sakit kepala memang menjadi hal yang tidak nyaman dan tentunya menggangu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala atau pusing sering kali tidak muncul begitu saja tanpa ada sebab yang mendasar, namun kebanyakan orang tak mengetahui dengan jelas mengapa mereka menderita sakit ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa alasan utama penyebab sakit kepala muncul tiba-tiba dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Kepala atau Pusing yang Muncul Tiba-Tiba

1. Tidak Sarapan

tidak sarapan

Menyantap sarapan tentunya sangat penting untuk memberi asupan dan menambah energi sebelum melakukan aktivitas. Sayangnya, banyak orang yang lupa untuk menyantap sarapan karena berbagai alasan. Padahal, salah satu penyebab banyak orang merasakan sakit kepala atau pusing adalah tidak menyantap sarapan. Ketika tubuh tidak menerima asupan sama ekali di pagi hari, tentu tak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, gula darah dapat mengiritasi otak sehingga timbul rasa pusing. Selain makanan besar, camilan juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh Anda tetap stabil.

Baca Juga: Pusing dengan Pekerjaan? Trik Ini Ampuh Menghindari Stres di Tempat Kerja!

2. Stres

terlalu keras saat bekerja

Stres juga menjadi alasan lain timbulnya sakit kepala. Ketika Anda merasa stres, tekanan darah dan detak jantung Anda akan meningkat daripada biasanya, begitu juga dengan hormon kortisol, hormon penyebab stres. Hal-hal di atas membuat otot tegang sehingga menimbulkan sakit kepala. Jika Anda mengalami hal seperti ini, maka lakukanlah pijatan secara perlahan dari kepala hingga leher untuk membuat otot kembali rileks.

3. Butuh Kopi

kopi yang nikmat
sumber: resepsedapku

Jika Anda terbiasa minum kopi pada pagi hari dan sesekali melupakan kegiatan tersebut, maka kemungkinan besar penyebab pusing yang Anda derita adalah karena lupa untuk mengonsumsi kopi. Banyak dokter yang menyarankan bila Anda terbiasa mengonsumsi kopi, maka pertahankanlah kebiasaan tersebut untuk menghindari timbulnya sakit kepala, selama Anda mengonsumsinya secara wajar.

4. Perubahan Cuaca

cuaca panas

Perubahan musim yang cukup drastis ternyata bisa menjadi salah satu alasan timbulnya sakit kapala. Perubahan cuaca tersebut dapat memengaruhi lapisan otak atau menyebabkan respon inflamasi sehingga timbul migrain atau sakit kepala.

5. Tidur Pagi atau Kurang Tidur

terjadi pada tubuh
sumber: bogordaily

Jika Anda terbiasa tidur di atas jam yang seharusnya atau sering terbangun pada malam hari, maka kebiasaan tersebut bisa menjadi penyabab Anda menderita sakit kepala. Hal ini karena tidur kurang dari tujuh jam dapat menjadi alasan utama terkena sakit kepala karena tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Bukan hanya kurang tidur, waktu tidur yang berlebih nyatanya juga memicu timbulnya sakit kepala. Untuk itu, usahakan untuk tidur cukup setiap harinya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini