Sakit Saat Liburan? Tanpa Disadari, (Mungkin) Ini Sumber Penyakitnya

Kurang fit atau merasa sakit saat liburan adalah hal terburuk. Tidak seorang pun ingin merasa sakit saat tengah menjelajahi tempat baru dengan menghabiskan berjam-jam batuk dan bersin di kamar hotel. Sayangnya, ada beberapa hal yang menjadi sumber penyakit saat bepergian yang tidak kamu sadari dan tidak di duga-duga.

Berikut ini lima hal yang mungkin bisa menjadi sumber penyakit saat liburan. Hati-hati, ya!

Tidak Mencuci Gelas di Kamar Hotel sebelum Menggunakannya

Banyak hotel menyediakan gelas minum, tetapi yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari gelas itu sendiri. Ada baiknya untuk mencuci gelas yang ada sebelum kamu menggunakannya, sebersih apapun gelas itu terlihat.

Alternatif lainnya adalah mintalah gelas plastik atau gelas pengganti yang telah dibungkus saat kamu check in di hotel tersebut. Perhatikan hal sepele ini ya agar kamu tidak sakit saat liburan.

Baca Juga: Ide Mengisi Liburan Natal buat Anak Kos yang Nggak Mudik

Terlalu Banyak Minum Kopi

Secangkir atau dua kopi sebelum menuju ke bandara, sekaleng minuman energi untuk melawan jet lag begitu kamu tiba, semua cappuccino lezat dari kafe lokal, pergi berlibur terkadang bisa berarti peningkatan besar dalam asupan kafein dalam tubuh.

Minuman apa pun yang mengandung lebih dari 400 mg kafein per hari untuk orang dewasa dapat menyebabkan insomnia, migrain, sakit perut, atau jadi cepat marah. Jika kamu ingin bersantai selama liburan, sebaiknya menjaga kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak Minum Cukup Air

Tetap terhidrasi adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan saat bepergian, terutama jika kamu menghabiskan waktu di pesawat. Selama penerbangan, kamu kehilangan banyak air dari tubuh karena udara yang kering dan AC di pesawat.

Para peneliti menunjukkan bahwa selama 10 jam penerbangan tubuh akan kehilangan 1,6-2 liter air, itu sekitar 4% air di tubuh. Jika kamu melewatkan minum cukup air, sudah pasti kamu akan merasa lelah dan kepala akan mulai terasa sakit.

Kamu Mematikan Ventilasi Udara di Atas Kursi Pesawat

Pesawat dapat menjadi tempat yang sangat dingin, tetapi mematikan ventilasi udara mungkin benar-benar menjadi langkah yang buruk jika kamu ingin menghindari masuk angin.

Ventilasi kecil di atas kepala benar-benar menciptakan penghalang udara tak terlihat yang menghalangi partikel virus yang akan mengenai kamu. Bawalah sweter dan buka ventilasi udara itu mengusir kuman yang ada selama penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here