Ngeri! Sakit Tulang Punggung Ternyata Disebabkan 6 Kebiasaan Harian Ini

Sakit tulang punggung menjadi penyakit yang banyak dialami para pekerja. Ada banyak alasan tulang punggung terasa nyeri, namun para ilmuan menyebut penyebab utamanya ada pada kebiasaan buruk sehari-hari, seperti terlalu sering bermain gadget.

Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang bisa menyebabkan sakit tulang punggung kronis. Ironisnya, kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Merokok

Kita tahu bahwa sebagian besar warga Indonesia merupakan perokok aktif. Namun, tahukah kamu bahwa merokok adalah kebiasaan yang berbahaya untuk tulang punggung?

Ya, selain merusak kesehatan paru-paru, merokok juga menyebabkan sakit tulang punggung karena nikotin mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang.

Nah, masih mau lanjut merokok?

Mengenakan Sepatu yang Salah

Sakit tulang punggung dapat disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak nyaman. Kurangi ketegangan pada kaki dengan memilih sepatu yang lebih berkualitas. Jika kamu lebih memilih sepatu kets atau suka memakai sepatu bot saat cuaca dingin, kenakan kaus kaki untuk mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan.

Nah, bila kamu penggemar sepatu dengan heels atau hak, lebih baik kamu meminimalisir pengunaannya. Kamu bisa menggunakan sandal sebelum berangkat kerja, lalu kenakan sepatu heels di waktu-waktu tertentu saja. Kamu juga bisa memakai bantalan khusus heels.

Baca Juga: Duh, Kulit Pecah-Pecah akibat High Heels? Ini Cara Mengatasinya

Kurang Beristirahat

Banyak dari kita tidak cukup memperhatikan tanda-tanda pertama yang mengkhawatirkan, seperti sakit punggung yang hampir tidak terlihat. Namun, sangat penting untuk beristirahat ketika kamu mulai merasa pegal-pegal pada punggung.

Setelah rasa pegal pada punggung sudah mulai membaik, kamu bisa kembali melanjutkan pekerjaan yang tertunda. Untuk mengurangi ketegangan ekstra pada otot, kamu sebaiknya berbaring dan mengangkat kaki.

Menggunakan Ponsel

Sebuah penelitian menunjukkan ketika membaca pesan teks, kamu dapat menambah berat hingga 45 pon akibat tekanan pada sumsum tulang belakang. Menggunakan ponsel setiap hari dapat menyebabkan hilangnya perkembangan alami pada tulang belakang leher, sehingga posisi bagian belakang leher menjadi lebih berat.

Para ilmuwan melakukan kalkulasi pada setiap orang yang menggunakan ponsel rata-rata 2 hingga 4 jam sehari, maka leher dibengkokkan selama 700 hingga 1.400 jam dalam setahun.

Hal ini bisa menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis. Jadi, pada titik tertentu, kamu akan menyadari tidak dapat berdiri tegak. Memang sulit melepas penggunaan teknologi, tetapi kamu harus tahu memposisikan tubuh agar efeknya tidak memburuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here