Penyebab Saraf Kejepit
Source: gejalapenyakit.xyz

Tak banyak orang yang mengetahui penyebab saraf kejepit padahal gangguan ini sering dijumpai di masyarakat. Saraf kejepit merupakan suatu kondisi yang tidak lazim, di mana saraf mendapatkan tekanan berlebih hingga memicu rasa nyeri yang hebat. Bahkan, di sejumlah bagian – umumnya, bagian kaki dan lengan akan terasa lemah, kesemutan, dan mati rasa.

Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan aktivitas Anda terganggu dan rasa nyeri yang intens. Lantas, apa yang menyebabkan saraf kejepit? Berikut uraiannya.

5 Penyebab Saraf Kejepit Paling Umum

Rheumatoid Arthritis

Salah satu pemicu saraf kejepit adalah rheumatoid arthritis, yakni peradangan di bagian sendi. Umumnya, penyakit ini terjadi karena gangguan autoimun – penyakit yang timbul akibat serangan sistem imun. Radang sendi biasanya ditandai dengan sejumlah gejala, seperti berat badan menyusut, nafsu makan menurun, demam, mudah lelah, dan anemia.

foto: jointhealthmagazine

Faktor Usia

Semakin bertambahnya usia maka kondisi tubuh pun mudah mengalami penurunan. Salah satu masalah yang sering menyerang lanjut usia adalah saraf kejepit. Hal ini terjadi lantaran tulang mulai kehilangan kekuatannya. Kondisi kadar air pada diskus tulang belakang yang minim pun turut menyebabkan masalah ini.

Baca Juga : Apa yang Membuat Denyut Jantung Anda Berubah? Kenali 5 Penyebabnya

Sangat penting bagi Anda untuk mulai memerhatikan asupan makanan dan mengonsumsi susu yang kaya akan kalsium. Dengan begitu Anda bisa meminimalkan potensi terkena gangguan saraf kejepit.

foto: klikdokter

Obesitas

Kelebihan berat badan memang sering memicu terjadinya masalah kesehatan. Salah satunya adalah saraf kejepit. Timbunan lemak di dalam tubuh Anda menyebabkan tekanan pada diskus punggung bagian bawah. Inilah yang menjadi penyebab saraf kejepit.

Untuk menghindarkan Anda dari masalah ini, sebaiknya mulai melakukan diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi, mineral, dan serat. Termasuk rutin melakukan olahraga, minum air putih secukupnya, dan tidur berkualitas.

Pernah Terjatuh

Terkadang seseorang sering mengalami hilang keseimbangan yang menyebabkan dirinya terjatuh. Hal ini pun dapat memicu masalah saraf kejepit, utamanya jika Anda jatuh dalam posisi mengenai bagian sumsum tulang belakang.

Anda patut waspada jika beberapa waktu pasca kejadian Anda mengalami rasa sakit yang hebat di bagian tulang belakang. Jika dibiarkan kondisi ini akan semakin parah. Segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

foto: alodokter

Mengangkat Benda Berat

Tahukah Anda bahwa gangguan saraf kejepit tidak hanya dialami oleh kaum lanjut usia? Anak remaja maupun dewasa muda pun dapat mengalami masalah ini. Salah satu penyebabnya adalah sering mengangkat benda berat.

Jika Anda kerap mengandalkan otot punggung untuk menopang berat maka jangan terkejut bila suatu hari Anda terkena gangguan saraf kejepit. Otot punggung yang menerima beban berlebih rentan sobek.

Itulah sejumlah penyebab saraf kejepit yang perlu untuk Anda catat. Dengan mengetahui pemicu, Anda lebih mudah menghindari hal-hal yang akan menyebabkan masalah ini di kemudian hari.

Beri komentar Anda tentang artikel ini