Terungkap! Ini Penyebab Utama Seringnya Pasangan Suami Istri Bertengkar

suami istri bertengkar

Memiliki perbedaan pendapat adalah suatu hal yang wajar dalam rumah tangga. Ada saja topik yang bisa memicu pertengkaran, akan tetapi sumber perselisihan terbesar dalam hubungan suami istri adalah uang. Dalam survei bertajuk Money Habit and Confession Survey yang melibatkan 1000 orang, terungkap bahwa keuangan adalah sumber utama penyebab seringnya pasangan suami istri bertengkar. Satu dari empat partisipan survei mengatakan mereka pernah berpisah dengan pasangannya hanya karena masalah keuangan ini. Selain itu, 58 persen mengklaim mereka lebih memilih untuk melajang daripada punya pasangan yang tidak bertanggung jawab secara finansial.

Tidak Terbuka soal Penghasilan merupakan Sumber Utama Pasangan Suami Istri Bertengkar

Diskusikan! 4 Masalah Keuangan Ini Sering Dihadapi Pasangan yang Sudah Menikah
Sumber: Kiplinger

Dikutip dari Kompas, pertengkaran yang disebabkan oleh uang memang sejak lama telah menduduki peringkat teratas sebagai pemicu keretakan hubungan. Salah satu alasannya karena masalah ini tidak pernah tuntas dibicarakan dengan pasangan. Dalam survei terungkap, 32 persen responden mengaku tidak tahu berapa gaji pasangannya dan 4 persen mengatakan mereka menyembunyikan penghasilannya.

Baca Juga: 4 Cara Bertengkar Ini Dipercayai akan Menghancurkan Hubungan Anda dengan Cepat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembicaraan seputar uang menjadi topik yang panas. Antara lain karena ada pemisahan harta, terutama ketika suami dan istri sama-sama bekerja. Faktor lain adalah utang, apalagi jika salah satu pihak memiliki utang yang lebih besar karena diskusi biasanya akan berujung saling menyalahkan. Lebih parahnya lagi jika ternyata pasangan diam-diam menggunakan harta bersama sebagai jaminan utang.

Untuk itu, komunikasi yang terbuka adalah kunci untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Sebelum menikah, seharusnya tema seputar pengelolaan keuangan keluarga sudah dibicarakan. Dari diskusi ini, Anda juga bisa mengenal karakter pasangan, apakah ia termasuk orang yang boros, kurang peduli, atau justru terlalu berhati-hati dengan uang. Jika perlu, miliki perjanjian pranikah agar urusan keuangan masing-masing tidak tercampur.

Sebagian koresponden juga mengatakan bahwa berkomunikasi dengan pasangan secara baik-baik dan terbuka merupakan upaya paling efektif dalam mengatasi masalah keuangan. Nada bicara yang halus sangat diwajibkan ketika sedang membahas masalah keuangan bersama pasangan. Selain itu, momen yang tepat juga sangat efektif untuk membuat komunikasi yang lancar. Misalnya, sehabis Anda melakukan hubungan intim atau di saat hari ulang tahun dengan Anda memberikan surprise atau kejutan kepada pasangan.