Kesempatan Promosi Tak Kunjung Datang, Apa Sih Maunya Perusahaan?

Posisi pekerjaan mencerminkan berhasil atau tidaknya rencana karier yang dimiliki. Semakin baik posisi yang ditempati, semakin mulus karier yang dijalani. Oleh karenanya, setiap karyawan pasti menantikan datangnya kesempatan untuk dipromosikan ke posisi pekerjaan yang lebih baik.

Tapi, bagaimana jika kamu merasa sudah bekerja dengan baik, tapi kesempatan promosi tidak juga diberikan?

Tentu saja kamu harus memahami bahwa layak atau tidaknya promosi ditentukan oleh atasan dan perusahaan. Bisa jadi, atasan atau perusahaan sebenarnya tidak punya rencana untuk mempromosikanmu. Meskipun, kamu merasa sudah bekerja dengan baik dan sudah lama bekerja di perusahaan.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui apa saja alasan yang bisa membatalkan atau menunda promosi, ketika kamu merasa sudah layak dipromosikan.

Promosi Mengganggu Kesimbangan Perusahaan

Dalam hal ini, atasan atau perusahaan menganggap peranmu di posisi yang sekarang amat penting. Dengan kata lain, kamu selalu menjadi andalan perusahaan. Baik dalam menuntaskan pekerjaan, mengatasi masalah maupun menciptakan terobosan. Lewat peran yang kamu jalankan, perusahaan mendapatkan kestabilan atau keseimbangannya.

Jika kamu dipindahkan ke posisi lain, atasan/perusahaan menganggap karyawan lain akan sulit menggantikan peranmu dengan baik. Karenanya, atasan/perusahaan menunda atau bahkan menutup kesempatan untuk mempromosikanmu.

Kamu Produktif, Tapi…

Mungkin kamu menganggap dirimu layak untuk dipromosikan. Atasan atau perusahaan juga menganggap kamu bisa bekerja dengan baik dan produktif. Tapi, kalau kamu terlalu independent, atasan tentunya berpikir dua kali untuk mempromosikanmu.

Alasannya, kamu sulit bekerjasama dengan orang lain. Hal ini dianggap bisa menjadi konflik jika kamu merasa tidak sependapat dengan rekan kerja, atasan atau top level manager perusahaan.

Baca Juga: Dilema Promosi Jabatan? Tenang, Ini 3 Langkah Jitu untuk Mengatasinya

Jadi Ancaman Buat Atasan

Bawahan yang memiliki kemampuan melebihi atasan seringkali ditemui di banyak perusahaan. Tapi, untuk beberapa perusahaan, kelebihan yang dimiliki bawahan bisa jadi ancaman buat atasan lho.

Karenanya, jika kamu merasa kesempatan untuk promosi tidak kunjung datang, bisa jadi penyebabnya adalah atasanmu merasa terancam jika kamu menempati posisi yang setara, atau lebih baik darinya. Malahan, jika atasanmu toxic, bisa-bisa kamu akan sulit bekerjasama dengannya di posisimu yang sekarang.

Tidak Layak Dipromosikan karena Faktor Lain

Kamu sudah punya semua kemampuan yang dibutuhkan. Kamu juga sudah punya banyak pengalaman. Tapi kenapa kesempatan promosi tidak diberikan?

Penyebabnya mungkin saja karena faktor lain. Salah satunya, yaitu kamu dianggap tidak cocok mewakili perusahaan di posisi yang akan ditempati nanti. Seperti yang diketahui, untuk beberapa posisi pekerjaan di industri tertentu, dibutuhkan karyawan yang memiliki pembawaan atau penampilan fisik tertentu pula. Semisal, public relation officer.

Faktor lain yang juga mungkin djadikan pertimbangan oleh perusahaan, yaitu kamu tidak memiliki ketertarikan atau keminatan yang sama dengan atasan atau top level manager perusahaan. Semisal, atasan dan top level manager gemar bermain golf sepulang kantor. Sedangkan kamu lebih menggemari olahraga bersepeda saat weekend tiba.

Ada Pihak yang Tidak Menyukaimu

Alasan lain mengapa kesempatan promosi tidak datang yaitu, mungkin saja ada yang tidak menyukaimu. Baik secara pribadi maupun secara profesional. Siapapun di kantor bisa tidak menyukaimu lho. Baik itu atasan, top level manager hingga CEO/owner perusahaan. Kalau ini terjadi, maka kecil kemungkinannya kamu akan dipromosikan.

Selain itu, seperti yang diketahui, semakin tinggi posisi pekerjaan, semakin ketat tingkat persaingannya. Mungkin saja pesaing ketatmu tidak menyukaimu sehingga melakukan hal-hal yang merugikanmu. Semisal, menyebarkan informasi buruk tentang dirimu pada atasan atau top level manager.

Menanti-nanti kesempatan promosi tentu boleh dilakukan. Tapi, yang terpenting adalah bekerja semaksimal mungkin tanpa menimbulkan konflik dengan rekan ataupun atasan. Kalau kamu merasa promosi penting artinya bagi peningkatan karir, tidak ada salahnya melakukan pendekatan atau menyesuaikan diri dengan atasan dan top level manager dari perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here