5 Penyebab Terlambat Lulus Kuliah yang Patut Diwaspadai

terlambat lulus kuliah
Sumber : Wrenchnation

Terlambat lulus kuliah bukan hanya tentang perkara biaya pendidikan yang terpaksa bertambah. Jika Anda melewati batas waktu lulus kuliah, berarti Anda pun semakin terlambat masuk ke dunia kerja. Anda terpaksa merelakan sebagian waktu yang harusnya sudah digunakan untuk memulai karier. Padahal teman-teman seumuran Anda sudah mulai berkompetisi di dunia kerja.

Oleh sebab itu, Anda wajib memahami lima penyebab utama terlambat lulus kuliah berikut ini.

Agar Anda bisa menghindarinya dan melangkah mulus memasuki dunia kerja:

Terlalu Fokus dengan Pekerjaan Sampingan

Sumber : Mic

Pekerjaan sampingan memang sah-sah saja dilakoni mahasiswa. Namun, bukan berarti Anda boleh mengorbankan sebagian besar waktu, tenaga, dan pikiran demi pekerjaan tersebut. Anda harus ingat bahwa lulus kuliah merupakan prioritas utama. Sisihkan sedikit waktu saja untuk mengurus pekerjaan sampingan. Sehingga risiko terlambat lulus kuliah dapat diminimalkan.

Baca Juga: Takkan Menyesal, Inilah 4 Manfaat Kerja Magang Sebelum Kamu Lulus Kuliah!

Kemampuan Akademis yang Rendah

Sumber : Oxygen

Tak dapat dipungkiri bahwa kemampuan akademis yang rendah sering menyebabkan mahasiswa jadi terlambat lulus kuliah. Bila Anda juga mengalami hal tersebut, tak perlu berkecil hati. Cobalah meluangkan waktu untuk belajar lebih giat. Alangkah lebih baik pula bila Anda memiliki mentor yang bisa memberikan bimbingan akademis. Dengan demikian, kesulitan-kesulitan belajar di bangku kuliah pun dapat teratasi.

Belum Bisa Bersikap Dewasa

Sumber : Hafawo

Jenjang kuliah menuntut Anda untuk bersikap lebih dewasa dalam mengatur waktu dan menentukan keputusan. Keinginan untuk bersantai atau bersenang-senang secara berlebihan tentu dapat mengganggu fokus kuliah Anda. Akibatnya, risiko terlambat lulus kuliah akan semakin besar. Anda harus menyadari bahwa menyelesaikan kuliah merupakan bagian dari tanggung jawab Anda. Terutama bila selama ini biaya kuliah Anda masih bergantung dari orang tua.

Beban SKS Terlalu Besar

Sumber : Generation Next

Biasanya mahasiswa memang berhak menentukan beban Satuan Kredit Semester (SKS) yang diambil. Namun, bukan berarti Anda boleh mengambil beban SKS terlalu besar dalam satu semester. Sebab hal tersebut hanya akan membuat Anda kewalahan saat belajar. Tentukanlah jumlah SKS yang sesuai dengan kemampuan Anda. Maka Anda bisa belajar secara efektif dan memperoleh nilai yang memuaskan.

Tidak Mendapat Bimbingan dari Penasihat Akademis

Sumber : Ferris

Meskipun kampus biasanya menyiapkan penasihat akademis untuk mahasiswa, belum tentu penasihat tersebut bisa menjalankan perannya secara maksimal. Kemungkinan besar Anda akan kesulitan belajar bila tidak mendapatkan bimbingan yang baik. Oleh sebab itu, Anda harus berinisiatif untuk mencari bimbingan dari dosen lain kalau penasihat akademis Anda tak bisa berperan secara maksimal.

Risiko terlambat lulus kuliah harus memotivasi Anda untuk menyelesaikan jenjang akademis dengan cepat. Sehingga Anda dapat segera bekerja di bidang yang Anda inginkan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini