Memiliki Gaji Besar, Tapi Tak Kunjung Mapan? Ini Penyebabnya!

Memiliki gaji besar ternyata tidak menjadi jaminan seorang karyawan bisa hidup mapan. Kenyataannya, semakin besar gaji yang didapatkan, semakin cepat pula uang tersebut habis. Jadi, jelas bahwa kemapanan hidup seseorang tidak bisa diukur atau dinilai dari gaji semata.

Lalu, kenapa ya karyawan yang memiliki gaji besar justru sulit memenuhi kebutuhan hidup? Bahkan, ada juga yang terlilit utang terus-menerus. Berikut beberapa alasan logis yang menyebabkan fenomena tersebut.

Gaya Hidup Terlalu Tinggi dan Boros

Manusia cenderung ingin tampil makin mewah manakala uang yang di tangannya terus bertambah. Pola konsumtif yang berlebihan pelan-pelan menjadi bumerang berbahaya bagi mereka yang memiliki gaji besar. Bukannya tabungan, aset, atau investasi yang bertambah; melainkan hampir tak punya uang simpanan cukup untuk masa depan.

Andai terus-menerus mengikuti gengsi, maka jangan heran kalau gaji sebesar apa pun pasti habis. Tuntutan gaya hidup tinggi di tengah lingkungan sosial juga bisa menjadi faktor penyebabnya.

Tidak Pernah Menabung

Memiliki satu rekening untuk berbagai transaksi ternyata sangat berbahaya. Kebiasaan ini hanya menghambat pola atau dorongan menabung. Orang akan cenderung berpikir bahwa selama ada uang di rekening, maka hidupnya aman.

Padahal, kebiasaan menabung haruslah dipupuk sejak awal kerja. Percuma saja memiliki gaji besar jika tidak diimbangi dengan kemampuan menabung yang cukup. Bagaimana mau mapan apabila menyisihkan uang untuk masa depan saja belum mampu?

Enggan Mulai Investasi

Jangankan menabung, berpikir untuk tujuan keuangan jangka panjang saja rasanya malas. Inilah yang kemudian menyebabkan seseorang malas berinvestasi. Alasannya macam-macam, mulai dari takut hingga merasa tidak punya dana yang cukup.

Padahal, berinvestasi di zaman sekarang lebih mudah karena sudah banyak platform online. Nominal awal investasi juga tidaklah mahal, biasanya bisa dari Rp100.000,00 saja. Jadi, investasi adalah langkah terbaik untuk mewujudkan impian mapan hingga hari tua.

Baca Juga: Apapun Profesimu, Perihal Keuangan yang Ini Harus Kamu Ketahui

Tidak Punya Rencana Keuangan Jelas

Kebanyakan karyawan tidak kunjung mapan karena tak memiliki rencana keuangan. Gaji hanya habis untuk memenuhi kebutuhan diri, baik yang sifat wajib dan tidak. Tidak banyak orang mau meluangkan waktu buat membikin rencana keuangan jangka panjang untuk masa depan.

Akibatnya, uang yang masuk ke rekening selalu hanya numpang lewat saja. Tidak pernah ada pos khusus untuk mewujudkan tujuan keuangan. Ya, tidak heran kalau uang sangat mudah terkikis tiap bulannya.

Punya Utang Kartu Kredit

Nah, inilah masalah terbesar para karyawan yang memiliki gaji besar. Kebiasaan belanja dengan menggesek kartu kredit lama-kelamaan menjadi mimpi buruk. Tanpa sadar, utang kartu kredit makin menggunung.

Sebesar apa pun gaji yang didapat, semuanya akan langsung ludes guna membayar tagihan kartu kredit. Parahnya, siklus serupa terjadi berulang kali tiap bulannya. Mau sampai kapan gaji hanya dihabiskan untuk melunasi utang belanja konsumtif?

Semoga kamu tidak mengalami masalah yang serupa ya. Mulai sekarang, yuk mulai biasakan menyisihkan gaji untuk pos tabungan atau investasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here