Mengapa Wanita Digaji Lebih Rendah meskipun Punya Potensi yang Besar?

Kesetaraan gender masih menjadi salah satu isu sensitif yang diperbincangkan di berbagai bidang, termasuk di bidang pekerjaan. Saat ini, wanita memang dianggap punya kemampuan yang tak kalah dibandingkan kaum adam. Namun sayangnya kecenderungan wanita digaji lebih rendah masih menjadi masalah yang belum bisa dihindari.

Apa yang menyebabkan wanita digaji lebih rendah di dunia kerja? Inilah ulasan selengkapnya!

Berbagai Penelitian Tentang Gaji Wanita Karier

Ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa mayoritas wanita digaji lebih rendah daripada pria selama bekerja. Beberapa penelitian tersebut antara lain:

  • Survei yang dilakukan IT Contract and Recruitment Association (ITCRA) Australia menunjukkan bahwa karyawan IT Wanita digaji 28 persen lebih rendah daripada karyawan IT pria.
  • Penelitian serupa oleh Chartered Management Institute (CMI) juga menunjukkan kalau wanita kerap mendapatkan gaji 10 persen lebih rendah dari pria walaupun menempati jabatan yang sama.
  • Warwick Business School Kanada menyatakan bahwa ketidaksetaraan gaji pria dan wanita terjadi pada 20 negara industri. Jepang menempati peringkat pertama dalam hal tersebut.

Baca Juga: Mendapat Tawaran Gaji Rendah? Pertimbangkan Dulu Hal Berikut

Penyebab Wanita Digaji Lebih Rendah

Beberapa hal ini diduga sebagai pemicu yang membuat wanita digaji lebih rendah:

  • Anggapan bahwa wanita selalu single sedangkan pria harus menanggung anak dan istri.
  • Banyak wanita yang enggan melakukan negosiasi gaji saat wawancara kerja. Hal ini berbeda dengan pria yang kerap memasang standar gaji tertentu.
  • Para wanita juga punya prinsip menunda soal negosiasi kerja. Karena para wanita ingin menunjukkan kinerja terbaik sehingga nantinya bisa mendapatkan ajakan negosiasi gaji.
  • Wanita dianggap kurang produktif dibandingkan pria karena butuh masa cuti lebih lama untuk melahirkan atau menyelesaikan urusan pribadi lainnya (ketika anak sakit, ada acara sekolah, dan lainnya).

Apa yang Harus Kamu Lakukan Jika Digaji Lebih Rendah?

Bila kamu termasuk golongan wanita digaji lebih rendah, maka sebaiknya kamu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Memulai pembicaraan untuk negosiasi kenaikan gaji dengan atasan, terutama jika kamu merasa punya banyak kebutuhan yang belum tercukupi akibat gaji kecil.
  • Resign dan mencari tempat kerja baru yang berpeluang memberikan gaji besar. Keputusan ini bisa dilakukan jika kamu merasa tak lagi menikmati pekerjaan saat ini.
  • Merintis bisnis sampingan agar bisa memperoleh pemasukan tambahan. Bukan mustahil jika bisnis sampingan yang berkembang pesat dapat menghasilkan pendapatan yang jauh lebih besar dari gaji.

Kecenderungan gaji wanita lebih rendah tak boleh membuatmu pasrah begitu saja. Yakinlah bahwa hasil kerja kerasmu harus dihargai dengan gaji yang sepadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here