Key Opinion Leader: Sosok di Balik Kesuksesan Branding Bisnis Modern

Semua bisnis harus melakukan personal branding secara gencar agar mudah diingat masyarakat. Namun, usaha internal saja belum cukup untuk membangun kesan personal branding yang kuat. Peran Key Opinion Leader (KOL) tak boleh dianggap remeh. Karena mayoritas masyarakat kini memercayai ulasan atau testimoni yang bersifat pribadi.

Agar tak gegabah menentukan key opinion leader untuk bisnis Anda, simak dulu ulasan informasi berikut ini.

Key Opinion Leader Biasanya dari Kalangan Terkenal

Banyak orang menganggap selebriti, selebgram, dan youtubers adalah key opinion leader yang tepat. Anggapan itu tidak keliru karena mereka memiliki banyak followers. Sehingga efektivitas pesan branding dapat disampaikan secara efektif. Namun, masih banyak sosok lainnya yang bisa mengambil peran serupa. Semisal, para pakar atau sosok lainnya yang dianggap berpengaruh. Karena ucapan mereka dianggap rekomendasi yang jujur.

Cermat Memilih Orang yang Tepat

Prinsip pemilihan key opinion leader tak hanya bergantung pada jumlah followers. Lebih dari itu, image pribadi juga menentukan keberhasilan promosi. Misalnya, bisnis produk kebutuhan bayi akan memilih sosok selebriti yang juga dikenal sebagai ibu rumah tangga yang family-oriented. Dengan demikian, para followers akan meyakini bahwa promosi yang dilakukan sang key opinion leader memang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Kesan baik tersebut akan melekat kuat dan mempengaruhi keputusan banyak orang untuk membeli produk.

Baca Juga: Mengintip Strategi Penjualan Online dan Offline Ala Kopi Kenangan

Harus Menguasai Seluk Beluk Bisnis dengan baik

Sebelum mempromosikan suatu bisnis, seorang key opinion leader harus menguasai informasi seputar bisnis tersebut dengan baik. Sehingga proses penyampaian informasi bisa menggunakan cara yang paling efektif. Tak ada jalan untuk menguasai informasi bisnis selain memperhatikan brief dengan seksama. Jangan sampai pesan yang disampaikan malah keliru dan merugikan brand bisnis yang dipromosikan.

Micro Influencer Punya Peran yang Tak Kalah Besar

Alih-alih memilih key opinion leader dengan followers mencapai ratusan ribu atau jutaan, banyak bisnis yang mulai mempercayakan micro influencer. Orang biasa dengan followers media sosial minimal 2.000 dianggap memiliki relasi yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Karena orang-orang terdekat sang micro influencer pasti mempercayai rekomendasi yang disampaikan. Sehingga tingkat engagement yang dihasilkan di media sosial pun akan meningkat. Biasanya, micro influencer juga lebih telaten memberikan informasi kepada para followers-nya.

Pekerjaan sebagai key opinion leader kini semakin diminati karena dianggap mudah dan potensial menghasilkan banyak uang. Bila Anda memiliki followers dengan jumlah yang cukup banyak, tak ada salahnya memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here