Noda Gelap di Wajah Bikin Nggak Pede? Yuk, Lakukan Perawatan Kulit

Memiliki noda gelap di wajah dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika harus bersosialisasi. Apalagi jika ia termasuk pribadi yang aktif dan pekerjaan menuntutnya untuk bertemu banyak orang tiap hari.

Bila akhir-akhir ini kamu menghadapi masalah kulit tersebut, ada beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk, coba tips untuk mengatasi noda gelap di wajah berikut ini.

Gunakan Serum Vitamin C

Vitamin C tidak akan secara ajaib menghapus noda gelap di wajah, namun sifat antioksidan yang dimilikinya sangat kuat dan dapat dengan cepat dan aman mempromosikan kulit yang lebih sehat.

Menurut Pearl Dworking, seorang ahli kecantikan yang berbasis di San Fransisco Bay, Amerika Serikat, vitamin C merupakan agen pencerah kulit yang kuat. Jika digunakan siang dan malam, dengan tabir surya saat siang hari, serum vitamin C maka kulit akan terlihat lebih cerah.

Poleskan Tabir Surya

Banyak orang sering mengabaikan poin merawat kulit dengan mengaplikasikan tabir surya. Namun, jika kamu ingin mengatasi noda gelap di wajah yang membandel, kamu harus melakukannya mulai sekarang. Ketika terjadi perubahan warna yang menumpuk di wajah, itu berarti kerusakan pada kulit telah terjadi.

Ketika kamu memiliki bintik gelap di wajah, melanin dalam sel telah diaktifkan dan akan dengan mudah menjadi aktif kembali dengan paparan sinar matahari. Jika kamu tidak menggunakan tabir surya, bahkan produk pencerah kulit termahal pun tidak akan bekerja.

Selain itu, kamu juga disarankan membaca label untuk memastikan kamu menggunakan formula yang mengandung titanium, zinc, atau keduanya.

Baca Juga: Noda Gelap pada Wajah Mengganggu Penampilan? Ini Cara untuk Mengatasinya!

Gunakan Produk yang Mengandung Niacinamida

Sebuah krim atau serum yang mengandung niacinamida dapat mencerahkan noda gelap di wajah. Menurut Anthony Youn, MD, seorang ahli bedah plastik di Troy, Mi, produk ini dikatakan dapat bekerja optimal dan mulai menampakan hasil bila diaplikasikan sekitar 6-8 minggu.  

Namun, jika serum dan krim sarat akan bahan kimia dan tidak sesuai dengan keinginanmu, pertimbangkanlah untuk melakukan perawatan kulit secara alami, misalnya menggunakan ekstrak licorice yang banyak dijual sebagai suplemen herbal.

Dr. Youn merekomendasikan untuk mengaplikasikan ekstrak akar licorice pada wajah 2x sehari. Dalam dua bulan, kamu bisa mulai melihat bila noda gelap pada wajah mulai tersamarkan.

Lakukan Eksfoliasi

Cara termudah untuk menyamarkan noda gelap pada wajah dengan cepat adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit atau mengangkat sel-sel kulit mati. Alpha hydroxy acid (seperti glycolic acid dan lactic acid) adalah bahan yang sangat efektif. Hal demikian diungkapkan oleh Cynthia Bailey, MD, seorang dermatologis.

Dr. Bailey juga merekomendasikan untuk menggunakan kain nilon Jepang yang disebut dengan Salux untuk hasil terbaik. Kamu dapat mengaplikasikan krim tepat setelah mandi untuk meringankan pigmen dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Ada dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu formula glycolic acid atau AmLactin, yang mengandung asam laktat. Pertimbangkan juga serum kulit untuk mengatasi noda gelap di wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here