Ingin Punya Rambut Sehat Berkilau? Treatment Ini Wajib Kamu Lakukan

Bagi setiap wanita, memiliki rambut sehat berkilau tentu menjadi dambaan. Sayangnya, tidak semua orang bisa memilikinya. Apalagi kalau bukan karena rambut yang telah rusak, tidak tahu bagaimana merawatnya, paparan polusi yang merusak rambut, produk rambut berbahan kimia, heat-styling tools, hingga lifestyle yang dapat membuat cahaya rambut menghilang.

Nah, kalau kamu ingin memiliki rambut sehat berkilau, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Beralihlah ke Shampo yang Hair-Friendly

Shampo yang biasanya kamu gunakan biasanya mengandung bahan kimia. Dan pemakaian yang terlalu sering dapat merusak rambut. Untuk dapat memiliki rambut sehat berkilau, gantilah shampo yang bebas paraben dan bebas sulfat. Keduanya merupakan agen pembersih dan busa yang luar biasa.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kandungan ini dapat membuat rambut kehilangan kilauannya dan lepek. Sebagai alternatif lain, kamu juga dapat memilih shampo natural dan organik untuk menghindari masalah rambut.

Biasakan Bilas dengan Cuka Sari Apel

Membilas rambut dengan cuka sari apel adalah salah satu cara terbaik untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut. Rambut kamu dapat kehilangan kilau alami karena kerusakan pada kutikula rambut. Dengan meratakan kutikula, cuka sari apel dapat mengembalikan kilau tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memiliki rambut sehat berkilau.

Bahan ini juga memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan hingga dapat menghilangkan produk sisa dan menangkal bakteri penyebab ketombe. Untuk melakukannya, kamu dapat mengencerkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cup air. Setelah rambut dibersihkan, bilas kulit kepala dengan larutan tersebut. Biarkan selama beberapa detik lalu bilas kembali dengan air dingin.

Baca Juga: Rambut Sehat Alami Hanya Dengan Lidah Buaya dan Madu

Beri Selang Waktu untuk Mencuci Rambut

Seberapa sering kamu mencuci rambut? Apakah tiap hari, atau beberapa hari sekali? Jika iya, maka tidak salah kalau kamu memiliki rambut kusam dan kering. Terlalu sering mencuci rambut diketahui dapat menghilangkan minyak alami rambut hingga membuat rambut menjadi kusam dan rusak.

Untuk mendapatkan rambut sehat beekilau, cobalah untuk mencuci rambut 2-3 hari sekali. Hindari juga menggunakan air panas pada rambut karena bisa menghilangkan minyak alami.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan air dingin untuk membilas rambut tiap kali kamu mencuci rambut untuk mengunci kutikula rambut dan menghindari rambut menjadi kusut.

Lakukan Perawatan Rambut Deep Conditioning

Menghindari conditioner dapat merusak rambut dan membuatnya cenderung mudah rusak. Melakukan deep conditioning rambut pun penting dilakukan untuk mengunci kutikula rambut, menghaluskan rambut dan mengembalikan kilau alami rambut yang telah hilang. Conditioner juga dapat mengunci kelembapan rambut hingga menambah perlindungan helai rambut.

Dan jika kamu ingin memiliki rambut sehat berkilau, kamu perlu memilih leave-in conditioner agar rambut kusam dan rusak dapat diatasi. Untuk melakukannya, cuci rambut dan peras helai rambut untuk menghilangkan kelembihan air.

Setelah itu, kamu dapat memberi tambahan nutrisi untuk rambut dengan leave-in conditioner. Jika rutin melakukannya, rambut pun akan kembali berkilau alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here