Ulang Tahun Ke-9, Bukalapak Ingin Fokus Pengembangan Mitra Offline

HUT Bukalapak ke-9
Founder & CEO Bukalapak, Achmad Zaky dalam konferensi pers HUT Bukalapak ke-9, Kamis (10/01/2019) di Jakarta Convention Center

Di hari jadinya yang ke-9, Bukalapak berupaya terus mendorong inovasi dan mengajak masyarakat untuk terus berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi. Untuk itu, Bukalapak membentuk Mitra Bukalapak yang memudahkan pemilik warung untuk terhubung dengan teknologi. Pertama kali dikembangkan pada tahun 2017, saat ini Mitra Bukalapak telah memberdayakan lebih dari 500 ribu warung dan melibatkan 700 ribu pelaku usaha mandiri di seluruh Indonesia.

Mitra Bukalapak merupakan perwujudan komitmen Bukalapak dalam memberdayakan pelaku usaha kecil melalui penetrasi digital. Melalui Mitra Bukalapak, para pemilik warung dapat menambah nilai usaha mereka dengan fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Mitra Bukalapak seperti fitur ‘Warung Terdekat’, Call Order Delivery yang memudahkan pemilik warung menerima stok barang dagangan, serta fitur Saldo Bantuan.

Agar saling bersinergi dengan pihak terkait, Bukalapak menjalin kerja sama dengan pemerintah melalui beberapa program salah satunya program pembiayaan Ultra Mikro, yang memungkinkan setiap mitra mendapatkan pinjaman modal usaha sebesar Rp 10 juta. Founder & CEO Bukalapak, Achmad Zaky menuturkan, di usianya yang ke-9 sudah saatnya Bukalapak memperluas fokus. Tak hanya menjadi wadah bagi para pelaku usaha kecil secara online, namun sudah saatnya menjangkau pelaku usaha kecil yang masih bergerak secara offline.

“Bukalapak berkomitmen untuk terus memberdayakan pelaku usaha di Indonesia. Dengan semangat ini, kami akan terus mengembangkan inovasi serta mengalokasikan Rp 1 Triliun untuk mendukung Mitra Bukalapak tahun ini,” jelas Achmad Zaky, Founder dan CEO Bulapak dalam peringatan HUT ke-9 Bukalapak di Jakarta Convention Center (10/01/2019).

Menurut data Nielsen, 95% penduduk Indonesia masih melakukan transaksi secara offline. Zaky melihat ini merupakan kesempatan yang besar untuk dikembangkan. Saat ini, 20% pendapatan Bukalapak datang dari pemasukan offline Mitra Bukalapak, sehingga dirasa perlu mendapat perhatian agar dapat bertumbuh untuk menopang perekonomian Indonesia.

“Di usia yang ke-9 ini, saya ingin mengingatkan kembali misi Bukalapak dari awal berdiri yaitu, menjadi perusahaan teknologi terdepan untuk memberdayakan pelaku kecil di Indonesia. Menurut kami, berbisnis tidak hanya mengejar profit tetapi harus punya misi yang mulia. Kami ingin menjadi bagian dari hal-hal positif yang akan dikenal oleh masyarakat dunia. Jadi, penguatan Mitra Bukalapak ini diharapkan menjadi suatu ekosistem usaha kecil yang pemikirannya maju,  sehingga bisa menyokong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” sambung Zaky.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Bukalapak Memerhatikan Komunitas Pelapak

Selain berfokus pada perkembangan Mitra Bukalapak, khusus dalam peringatan HUT Bukalapak yang ke-9, Bukalapak menghadirkan promo mulai hari ini hingga 31 Januari 2019. Promo tersebut antara lain gratis ongkos kirim 9 kali, cashback 99% untuk produk elektronik, flash deal serba Rp 9 ribu dan Rp 999 ribu, hingga program Serbu Seru yang menawarkan produk-produk mewah dengan harga Rp 19 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here