Sebagai Pengguna Smartphone, Anda Wajib Tahu Perbedaan Chip Qualcomm dan MediaTek

perbedaan chip
sumber: plimbi

Chip atau inti dari kinerja smartphone saat ini dibekali oleh chip pintar dari dua vendor teknologi raksasa, yakni Qualcomm (Snapdragon) dan MediaTek (Helio). Kedua perusahaan teknologi raksasa tersebut bisa dikatakan menguasai pasar chip smartphone untuk kelas menegah keatas saat ini. Hampir semua smartphone dengan spesifikasi mumpuni pasti di nahkodai oleh kedua chip pintar tersebut. Namun, mungkin saat ini Anda tidak tahu apa perbedaan Qualcomm dan MediaTek yang disisipkan ke smartphone yang Anda genggam. Kedua chip pintar tersebut ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja? Dikuti dari laman Quora, inilah sejumah perbedaan chip Snapdragon milik Qualcomm, dan Helio miliki MediaTek.

Sejumlah Perbedaan Chip Qualcomm dan MediaTek

1. Prosesor

Yang pertama, Job-Like akan membahas seputar prosesor atau dapur pacu dari kedua chip pintar ini. Dari segi prosesor, Snapdragon milik Qualcomm bisa dikatakan lebih unggul dari pada chip Helio milik MediaTek. Hal disebabkan karena kode source milik Snapdragon umumnya dibuka untuk publik atau bisa disebut dengan istilah open source. Sedangkan chip Helio lebih mengusung kecepatan performa smartphone dengan menggunakan chip CPU 10 inti. Meskipun bisa bekerja dengan lebih cepat, namun kekurangan dari chip Helio adalah penggunaan daya baterai yang jauh lebih boros dari Snapdragon. Meski demikian, chip Snapdragon juga tidak bisa dikatakan lambat dalam bekerja.

Baca Juga: Google Gunakan Kunci Akun untuk Mengamankan Data Pengguna Gmail

2. GPU

Perbedaan chip Snapdragon dan Helio yang selanjutnya terletak di segi GPU. GPU adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengolah grafis yang akan ditampilkan di layar smartphone. Dalam hal ini, chip Helio milik MediaTek sedikit lebih unggul dari Snapdragon. Helio memang tidak terlalu bisa menampilkan gambar yang bagus, namun kapasitas RAM yang digunakan sangatlah sedikit, sehingga bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil tetap bisa melakukan berbagai aktifitas di smartphone dengan lancar dan nyaman. Sedangkan, chip Snapdragon milik Qualcomm memang lebih unggul untuk masalah grafis, chip Snapdragon memungkinkan layar smartphone Anda untuk menampilkan kualitas gambar sampai ke level Super Ultra HD, namun sebagai bayarannya, kapasitas RAM yang digunakan juga sangatlah besar, sehingga mungkin Anda akan mengalami sedikit lag ketika harus melakukan multitasking di perangkat smartphone Anda.

3. Target Pasar

Kedua perbedaan diatas adalah perbedaan yang paling signifikan antara chip Qualcomm Snapdragon dan MediaTek Helio. Jika bicara masalah harga, sebenarnya chip Snapdragon dibanderol lebih mahal dari chip Helio. Maka hal ini juga menjadi segmen target pasar dari kedua chip pintar tersebut. Pada umumnya, chip Helio milik MediaTek lebih banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah kebawah, sedangkan chip Snapdragon milik Qualcomm lebih banyak digunakan pada smartphone kelas menengah keatas. Hingga saat ini, kedua perusahaan chip pintar tersebut masih terus melakukan pengembangan terhadap chip buatannya. Lantas, chip apakah yang disematkan pada smartphone Anda saat ini? Snapdragon atau Helio?

Beri komentar Anda tentang artikel ini