Nyaman Menggunakan Google Sheets atau Excel? Kenali Dulu Bedanya!

Zaman sekarang, menggunakan Google Sheets untuk urusan pekerjaan tentu sudah tidak asing. Terlebih dengan segala fitur yang dimiliki, aplikasi dari Google ini dinilai sangat menunjang produktivitas bekerja. Namun, sudahkah kamu tahu perbedaan antara Google Sheets dan Micrsoft Excel?

Yuk, simak dulu perbedaannya berikut ini. Siapa tahu dapat menambah wawasanmu saat menggunakan Google Sheets juga.

Kemampuan Menyimpan File

Penyimpanan file menjadi dasar pembeda yang paling tampak jelas. Google Sheets melakukan penyimpanan otomatis setiap kamu membuat dokumen. Sementara, Microsoft Excel butuh disimpan manual lewat menu “save as”.

Kamu cenderung akan lebih aman menggunakan Google Sheets karena file otomatis tersimpan selama jaringan internetmu menyala. Sementara, kehilangan file kerap terjadi jika kamu lupa menyimpan dokumen di Microsoft Excel.

Berbagi File

Secara umum, Google Sheets dinilai lebih efisien untuk berbagi file ke pengguna lain. Kamu cukup memasukkan alamat email rekan-rekan kerja yang ikut mengerjakan dokumenmu. Notifikasinya pun langsung dikirim ke email sehingga tidak merepotkan.

Di sisi lain, Microsoft Excel belum mempunyai kemampuan yang sama. Andai ingin berbagi file, kamu harus mengirimkannya manual via email. Oleh sebab itu, Microsoft Excel dianggap kurang cocok digunakan untuk dokumen pekerjaan yang butuh kolaborasi beberapa orang.

Baca Juga: 10 Skill Revolusi Industri 4.0 yang Seharusnya Kamu Miliki, Apa Saja?

Akses Offline dan Online

Akses Offline dan Online
Sumber: Google

Perbedaan paling jelas saat menggunakan Google Sheets dan Microsoft Excel adalah mengenai ketersediaan jaringan internet. Kamu lebih bebas mengerjakan dokumen dengan Microsoft Excel karena bisa dilakukan dalam kondisi offline.

Lain halnya dengan Google Sheets yang mengharuskanmu online saat bekerja. Sebenarnya dapat juga kamu kerjakan secara offline asal menjalan salah satu pengaturan tertentu. Tapi, tetap saja lebih direkomendasikan dikerjakan saat online.

Function dan Formula

Baik Google Sheets maupun Microsoft Excel memiliki function dan formula di dalamnya. Saat ini, Microsoft Excel memiliki function lebih banyak. Begitu pula dengan formula di Google Sheets yang masih ketinggalan dibandingkan dengan Microsoft Excel.

Oleh sebab itu, Microsoft Excel lebih cocok digunakan untuk mengolah data serta membuat visualisasi dari data. Sementara Google Sheets sangat disarankan dipakai untuk dokumen lebih sederhana yang butuh banyak kolaborasi.

Biaya Penggunaan

Kamu bebas menggunakan Google Sheets gratis alias tanpa biaya. Asalkan punya akun Google, kamu dapat mengakses Google Sheets sewaktu-waktu. Meski begitu, ada juga fitur berbayar yang disediakan untuk menggunakan software ini.

Sementara, Microsoft Excel tidak gratis dalam penggunaannya. Dilansir dari Wall Street Mojo, kamu harus membayar sekitar US$8,25 per bulannya (sekitar Rp117 ribu). Nah, apakah selama ini kamu pakai produk Microsoft Excel yang original dan rutin membayarnya?

Menurut kamu, lebih nyaman menggunakan Google Sheets atau Microsoft Excel nih? Semua kembali ke tujuan penggunaan untuk pekerjaanmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here