Perempuan Eksis di Tempat Kerja? Kenapa Nggak?

perempuan kerja

Pada era modern, peran perempuan tak hanya sebatas pada kewajiban mengurus rumah tangga dan membesarkan anak-anaknya. Semakin banyak perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi, semakin banyak pula kesempatan yang bisa diraih oleh kaum hawa di dunia kerja. Menurut Pangesti Bernardus, seorang profesional sebuah media massa, seorang perempuan harus memiliki kesiapan khusus jauh sebelum ia memasuki dunia kerja. Perencanaan “mau kerja apa?” dan “mau jadi apa?” seharusnya sudah direncanakan semenjak masih duduk di bangku kuliah.

“Masih banyak yang menganggap kodrat perempuan itu hanya untuk urus rumah tangga, urus anak, di rumah saja. Padahal, bisa kok perempuan juga berkarya sebagai wanita karier. Nah, maka dari itu harus punya support system yang kuat dari keluarga dan setting your own goals. Perempuan itu punya sifat nurturing (mengayomi.red), karena itulah sebenarnya para perempuan pun layak untuk menempati posisi pemimipin pada sebuah perusahaan atau menjadi pengusaha itu sendiri,” ujarnya pada sesi talkshow Women Working Wisdom.

Women Working Wisdom merupakan program yang diinisiasi oleh Magna Cita Marlin, sebuah lembaga edukasi yang menitikberatkan pada pendidikan lanjutan dan career coaching. Penting bagi seorang perempuan untuk mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu, sebelum memutuskan perjalanan karier apa yang ia inginkan. Menurut Chief Operating Officer Magna Cita Marlin, Rosdiana Setyaningrum, seringkali seseorang tidak mengenali diri sendirinya terlebih dahulu, sehingga tidak mampu mengukur seberapa jauh kemampuan diri dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

“Mengenal diri sendiri dan kapasitas diri itu sangat penting. Karena sebagian besar pekerja perempuan memiliki banyak keinginan, tetapi tidak sadar sejauh mana dirinya mampu untuk melakukan hal tersebut. Sehingga, di tengah jalan mereka merasa overwhelmed akhirnya menyalahkan diri sendiri, menyalahkan keluarga, dan sebagainya. Akibatnya, banyak pekerja perempuan yang stres,” tutur Diana.

Stres di tempat kerja tentu tidak baik bila dibiarkan berlarut. Selain dapat menghambat produktivitas pekerja, stres juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Oleh karena itu, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghalau stres di antaranya menetapkan prioritas, tidak banyak alasan dalam melakukan sesuatu, kenali iklim kerja di kantor, serta bergaul dengan orang yang dapat memberikan pandangan obyektif tentang hasil kerja.

Baca Juga: Ini Dia Keuntungan Punya Attitude yang Baik, Setuju?

So, ladies! Seberapa siap Anda memasuki dunia kerja?

Bagi para perempuan yang baru mau memasuki dunia kerja, ada kabar baik untuk Anda. Magna Cita Marlin membuka program Women Working Wisdom yang ditujukan bagi para job seeker yang masih ragu akan kemampuan dirinya bersaing di dunia profesional. Dalam program Women Working Wisdom, Anda berkesempatan mendapatkan wawasan terkait kemampuan personal branding, komunikasi, hingga merias diri dari para career coach agar terlihat profesional sejak hari pertama Anda bekerja.

Pangesti Bernardus (kiri) dan Rosdiana Setyaningrum (kanan) dalam talkshow Women Working Wisdom (14/11).

Dengan investasi Rp 700 ribu (early bird) hingga Rp 850 ribu, Anda bisa mengikuti 4 kelas dalam waktu 1 hari. Kegiatan ini akan berlangsung pada 8 Desember 2018 di Amaroossa Hotel Jakarta dan terbuka untuk umum. So, pastikan diri Anda siap untuk berkarier dan memberikan kontribusi lebih di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here