#ILoveYou10K, Rencanakan Investasi Finansial Kamu dari Rp10 Ribu

“YOLO”. You Only Live Once. Kamu termasuk penganut istilah ini? Hidup memang hanya sekali, tapi bukan berarti kamu menghabiskan hidup yang sekali ini dengan semaunya, tanpa perencanaan. Apalagi tanpa perencanaan investasi finansial.

Gaya hidup “YOLO” banyak diterapkan generasi milenial. Mereka beranggapan yang penting menikmati hari ini, hari besok urusan belakangan.

Alhasil, pola hidup konsumtif erat menghantui generasi milenial. Secara tidak sadar, mereka dituntut “menjiplak” hidup mewah yang sebenarnya hanya sebatas untuk pamer diri. Atau sebatas untuk eksistensi diri.

Padahal, eksistensi diri yang sejati adalah bagaimana kamu memastikan masa depan kamu secara keuangan dalam posisi yang aman. Ada baiknya, keuangan kamu berlebih.

Terkait hal ini, Chief Marketing Officer Moduit, Stefanus Adi Utomo, menegaskan sudah sepatutnya milenial melakukan persiapan matang untuk hidup YOLO-nya yang hanya sekali tetapi panjang.

Ketika ditemui Job-Like Magazine, di kantornya di kawasan Kuningan, Stefanus mengutarakan keresahan dirinya atas minimnya kesadaran generasi milenial akan pentingnya melakukan perencanaan investasi finansial. Sejauh ini, kurang dari 1 persen penduduk Indonesia yang menyadari keuntungan dari berinvestasi.

Stefanus Adi Utomo, Chief Marketing Officer Moduit. (FOTO: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

“Dari 270 juta masyarakat Indonesia yang melek investasi itu sedikit. Baru 2,3 juta orang yang berinvestasi. Dari generasi milenial yang baru mulai bekerja pun belum melek investasi. Mereka masih menganut YOLO, yang penting gaya,” bilang Stefanus.

“Padahal, seharusnya selain hidup hanya sekali, ada juga pandangan mati hanya sekali. Kalau hidup cuma sekali, ya, puas-puasin hidupnya. Tapi, kalau tahu matinya cuma sekali, tentu ingin hidup yang panjang, dan itu butuh persiapan finansial,” ujarnya.

Kendala yang dialami generasi milenial dalam berinvestasi adalah kebiasaan melakukan pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pendapatannya. Melihat fenomena ini, Moduit meluncurkan kampanye #ILoveYou10K. Yaitu, berinvestasi cukup dengan Rp10 ribu. Memangnya bisa?

Baca Juga: Moduit Reksa Dana Kegundahan 15 Tahun Jeffry Lomanto

Lihat kembali kebiasaan kamu sehari-hari. Seberapa sering kamu mampir ke kedai kopi atau mini market untuk membeli kopi? Atau bubble tea? Atau seberapa banyak puntung rokok yang kamu hisap setiap harinya? Nah, berapa rupiah yang harus kamu rogoh untuk pengeluaran itu semua?

“Kami ingin mengubah mindset anak muda. Bahwa hanya dengan nilai yang terlihat kecil pun mereka bisa berinvestasi. Coba dulu dari Rp10 ribu. Memang kelihatan kecil, tapi kalau diinvestasikan secara rutin, maka punya power of compounding. Nilainya akan berlipat,” tutur Stefanus.

“Untuk itu Moduit meluncurkan kampanye #ILoveYou10K pada November ini. Milenial bisa menyisihkan sedikit uang jajannya. Dimulai dari sedikit, yang terpenting kami membantu mereka untuk membangun kebiasaan berinvestasi,” jelasnya.

Stefanus Bertekad Mengedukasi Generasi Milenial Mengenai Literasi Finansial

Stefanus memberikan literasi finansial kepada milenial. (FOTO: dok. Moduit)

Peluang menyasar milenial melalui edukasi perencanaan investasi finansial menjadi pelecut Stefanus untuk bergabung dengan Moduit dua bulan silam setelah berkecimpung di dunia perbankan selama 15 tahun. Stefanus tergerak untuk mengedukasi masyarakat lebih luas mengenai literasi finansial.

Selain melalui kampanye #ILoveYou10K, Stefanus acap tampil sebagai lecture guest di beberapa universitas untuk membagikan literasi finansial.

“Terkadang ketika berada di satu tempat terlalu lama, mindset akan terkotakkan. Tapi, setelah keluar dari comfort zone, ternyata banyak hal yang selama ini tidak ter-cover di industri perbankan. Salah satunya, berinvestasi hanya dengan Rp10 ribu yang mudah dilakukan oleh milenial,” tuturnya.

“Saya melihat kesempatan untuk mengedukasi orang lebih banyak dengan bergabung Moduit. Meski bekerja di startup pun tantangannya besar karena banyak hal harus dibangun dari awal lagi.”

Moduit adalah startup yang menyediakan platform untuk berinvestasi reksadana. Moduit didirikan oleh Jeffry Lomanto pada tahun 2018 untuk mempermudah masyarakat berinvestasi reksadana melalui kecanggihan teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here