5 Tips Perencanaan Keuangan buat Kamu yang Baru Diterima Bekerja

Saat karyawan menerima gaji pertama kali, saat itu pula biasanya berbagai pengeluaran sudah terbayang di kepala. Di sisi lain, pekerja pemula biasanya memiliki gaji yang pas-pasan. Karenanya, perencanaan keuangan diperlukan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.

Dengan merencanakan keuangan seseorang juga bisa mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik. Nah, kalau kamu ingin merencanakan keuangan, berikut ini beberapa tips perencanaan keuangan yang bisa kamu terapkan.

Lakukan Budgeting dan Sisihkan Uang untuk Ditabung

Budgeting adalah menetapkan item-item pengeluaran. Budgeting membantumu mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang akan atau sudah kamu lakukan.

Buatlah tiga kategori untuk pengeluaranmu, yaitu primer, sekunder dan hiburan. Kamu bisa mencatat item-item pengeluaran ini di komputer (spreadsheet), aplikasi atau catatan harian.

Jangan lupa, kamu juga harus memiliki tabungan. Idealnya, kamu harus menyisihkan 10 persen hingga 20 persen dari gaji sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan lainnya.

Menabung untuk Keperluan Tidak Terduga

Saat membuat perencanaan keuangan, jangan lupa sediakan pos dana darurat. Dana ini bisa kamu gunakan sewaktu-waktu jika ada keperluan sangat mendesak. Jumlahnya totalnya sekitar tiga hingga enam bulan kali gaji. Kamu bisa mencicilnya dari gaji yang diterima setiap bulannya.

Merencanakan Keuangan dengan Menetapkan Tujuan

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang ingin membeli rumah, ada yang ingin berinvestasi dalam properti, ada juga yang ingin berlibur ke luar negeri.

Tetapkan tujuanmu sedari sekarang agar bisa menetapkan seberapa banyak kamu harus menabung untuk mencapai tujuanmu.

Baca Juga: Ini Cara Cepat Beli Rumah dengan Gaji Pas-Pasan ala Milenial

Kalau kamu ingin berinvestasi, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Selain itu, pelajarilah instrumen investasi tersebut secara mendalam.

Pilih Asuransi yang Tepat

Asuransi berguna untuk memproteksi masa depanmu. Saat ini, ada beragam jenis asuransi yang ditawarkan. Kamu harus pandai-pandai memilih asuransi mana yang sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Bandingkan pula dengan proteksi atau keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan.

Hindari Jebakan Utang

Kamu boleh saja berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun, pastikan tidak kesulitan membayar cicilan dan bunganya. Kalau kamu meminjam modal untuk membuka bisnis, kamu juga harus memperhitungkan apakah keuntungan yang didapatkan bisa menutupi cicilan dan bunganya. Intinya, jangan sampai kamu terlilit oleh utang.

Nah, dengan menerapkan beberapa tips perencanaan keuangan diatas, diharapkan kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhanmu sekarang, sekaligus mempersiapkan masa depanmu dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here