Perhatikan, Ini Cara Coblos Surat Suara Agar Sah

Ilustrasi Pencoblosan Surat Suara Pemilu 2019
Ilustrasi Pencoblosan Surat Suara Pemilu 2019. (dok KPU)

Pesta demokrasi Pemilu 2019 akan memasuki tahapan baru, Rabu 17 April besok, yakni pemungutan suara. Satu suara mampu menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, pastikan mencoblos sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum agar surat suara Anda sah.

Berikut ini cara pencoblosan surat suara agar sah:

Pada surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Suara dinyatakan sah, jika:

  1. Tercoblos pada kolom pasangan calon yang memuat nomor urut, foto, atau nama pasangan calon, atau tanda gambar parpol pendukung.

  2. Tercoblos lebih dari satu kali pada satu kolom pasangan calon yang memuat nomor urut, foto pasangan calon, nama pasangan calon, atau tanda gambar parpol pendukung.

  3. Tercoblos tepat pada garis 1 (satu) kolom pasangan calon, foto pasangan calon, nama pasangan calon, atau tanda gambar parpol pendukung.

Sementara, surat suara DPR/DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk parpol dinyatakan sah ketika:

  1. Tercoblos pada kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol.

  2. Tercoblos pada kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol, serta tanda coblos lebih dari 1 (satu) calon pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon dari parpol yang sama.

  3. Tercoblos lebih dari 1 (satu) calon pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon dari parpol yang sama.

  4. Tercoblos lebih dari 1 (satu) kali pada kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol, tanpa mencoblos salah satu calon pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau atau nama calon dari parpol yang sama.

  5. Tercoblos pada kolom di bawah nomor urut calon, atau nama calon terakhir yang masih di dalam satu kotak parpol.

  6. Tercoblos tepat pada garis kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol tanpa mencoblos salah satu calon pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon dari parpol yang sama.

  7. Tercoblos tepat pada garis yang memisahkan antara nomor urut calon, atau nama calon dengan nomor urut calon, atau nama calon lain dari parpol yang sama, sehingga tidak dapat dipastikan tanda coblos tersebut mengarah pada 1 (satu) nomor urut dan nama calon.

  8. Tercoblos pada 1 (satu) kolom yang memuat nomor urut calon, nama calon atau tanpa nama calon disebabkan calon tersebut meninggal dunia atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon.

  9. Tercoblos pada 1 (satu) kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol, serta tanda coblos pada 1 (satu) kolom yang memuat nomor urut calon, nama calon atau tanpa nama calon disebabkan calon tersebut meninggal dunia atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon.

Syarat surat suara pemilihan caleg dinyatakan sah:

  1. Tercoblos pada kolom yang memuat nomor urut calon atau nama calon.

  2. Tercoblos pada kolom yang memuat nomor urut parpol, tanda gambar parpol, atau nama parpol serta tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon dari parpol yang bersangkutan.

  3. Tercoblos tepat pada garis kolom yang memuat 1 (satu) nomor urut calon atau nama calon.

  4. Tercoblos lebih dari 1 (satu) kali pada kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon.

  5. Tercoblos pada 1 (satu) kolom yang memuat nomor urut calon, atau nama calon serta tanda coblos pada kolom di bawah nomor urut calon, atau nama calon terakhir yang masih di dalam satu kotak parpol dinyatakan sah untuk 1 (satu) calon yang memenuhi syarat.

Terakhir, surat suara DPD RI yang Anda coblos dinyatakan sah jika:

  1. Tercoblos pada kolom 1 (satu) calon yang memuat nomor urut calon, nama calon atau foto calon anggota DPD.

  2. Tercoblos lebih dari 1 (satu) kali pada kolom gambar calon anggota DPD dan nama calon anggota DPD.

  3. Tercoblos tepat pada garis kolom 1 (satu) calon yang memuat nomor urut calon, nama calon, atau foto calon anggota DPD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here