Wow, Perilaku Ini Nyatanya Dapat Mengubah Orang Biasa Menjadi CEO Sukses!

Perilaku Ini Dapat Mengubah Orang Biasa Menjadi CEO Sukses. Hasil Studi Mengungkapkan
Sumber: Pickthebrain

JOB-LIKE – Bertolak belakang dengan kepercayaan populer bahwa tidak diperlukan kekuatan luar biasa atau pendidikan tinggi untuk menjadi seorang CEO. Menurut Elenda Botelho dan Kim Powell, pengarang buku ‘The CEO Next Door’, faktanya bahwa ada juga orang-orang yang awalnya bekerja sebagai petugas kebersihan, pengemudi truk dan akhirnya memiliki posisi tinggi sebagai seorang CEO sukses.

Sikap Berikut Dapat Membuat Orang Biasa Menjadi CEO Sukses

lebih percaya diri di pekerjaan
Sumber: Timemanagementninja

Cerita ini tentu bukan hal baru lagi karena memang faktanya di tengah masyarakat ada orang-orang pilihan, yang dengan ketekunan dan kedisiplinan yang dimiliki, ia berhasil membulatkan tekad untuk bisa maju dan sukses dalam berbisnis dan karir. Hal ini menjadi sebuah kabar baik bagi Anda yang sedang merintis usaha bahwa tidak selamanya modal besar, pendidikan tinggi, atau status sosial langsung bisa membuat seseorang dapat menjadi CEO sukses karena siapa pun dapat menempati posisi tersebut asalkan memiliki kualitas dan pengalaman.

Untuk membuktikan hal tersebut, Botelho dan Powell kemudian menganalisa sebuah studi dari 2.600 pemimpin dan menemukan bahwa ada 4 kunci karakter yang dapat mengubah orang biasa menjadi seorang CEO sukses. Karakter tersebut adalah ketegasan, terlibat dalam dampak atau pengaruh, dapat dipercaya, dan mampu beradaptasi dengan berani.

Baca Juga: Wow, 4 CEO Sukses Ini Melakukan Rutinitas Pagi Aneh Secara Obsesif Bak Ritual! Penasaran?

Namun begitu, peneliti mencatat bahwa di antara 4 karakter tersebut, dapat dipercaya menjadi faktor yang paling penting karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda dapat memberikan hasil yang konsisten. Faktor ini tidak hanya dapat menunjang kesuksesan bisnis tetapi juga membuat klien, mitra kerja, dan karyawan dapat mengandalkan Anda.

Dari semua perilaku yang mengarah pada kesuksesan eksekutif, dapat dipercaya bisa meningkatkan kemungkinan kandidat untuk dipekerjakan dan ia pun memiliki peluang lebih unggul dalam pekerjaan yang ditugaskan. Dan menurut hasil penelitian, faktanya adalah bahwa CEO yang dapat dipercaya kemungkinan besar 15 kali memiliki kinerja tinggi dan 2 kali memiliki peluang mereka untuk dipekerjakan.

Pemimpin yang dapat dipercaya juga dapat menciptakan asumsi positif di antara para pelanggan, staf dan anggota dewan sehingga akan lebih mudah baginya untuk menyelesaikan pekerjaan. Memberikan hasil konsisten tampak seperti sebuah karakter perilaku yang jelas, tetapi peneliti mencatat bahwa pemimpin itu berjuang dengan hal tersebut tiap hari.

Namun begitu, karakter dapat dipercaya adalah sebuah faktor besar dalam hal kesuksesan perusahaan dan karir dan hal tersebut pun membuat Anda dikenal oleh orang-orang kantor. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh peneliti Brett Godfrey, mantan CEO dari Virgin Australia, sebagai contoh utama dari poin tersebut.

Godfrey diizinkan untuk membangun dan bahkan menjadi ujung tombak perusahaan penerbangan Australia karena ia mendapatkan kesan baik dari pendiri Virgin Group, Richard Branson, yaitu dengan etos kerja dan kemampuan untuk memberikan hasil yang konsisten. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh sang milyader dalam autobiografinya, ‘Finding my Virginity’.

Branson juga mengenang ketika ia meminta Godfrey mengirimkan strategi detail tentang apa yang selanjutnya menjadi Virgin Australia, dan rencana tersebut dikirimkan kepadanya di pagi harinya. Para peneliti mencatat bahwa menindaklanjuti komitmen merupakan ciri keandalan dan sikap dapat dipercaya, sehingga dapat mengarahkan orang tersebut memang layak diperhitungkan untuk terus melanjutkan kinerja yang hebat di kemudian hari.

Dalam bisnis, orang-orang yang dapat dipercaya dan kompeten sangat dihargai. Pengusaha dan klien pun cenderung berani mengambil risiko pada mereka dan lebih banyak memberi kesempatan pada orang tersebut untuk terus tumbuh dan berkembang bersama di perusahaan.