Apa Sih Ciri Insecure Leader? Ini Contoh Perilaku Negatifnya

Merasa gelisah, tidak aman, takut, dan tidak percaya dalam sebuah situasi tertentu bisa juga dirasakan seorang pemimpin. Bahkan insecure leader dalam kondisi ini mengalami perasaan tidak aman yang memengaruhi management styles ketika memimpin kelompoknya.

Kondisi ini akhirnya menimbulkan beberapa perilaku negatif yang merugikan anak buahnya. Manajer dengan self-awareness yang rendah akan berdampak pada personal challenges dan hubungan kerja dengan karyawan. Inilah perilaku negatif yang bisa terjadi dalam kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang insecure leader:

Merasa Tak Aman, Inilah Perilaku Negatif Insecure Leader terhadap Karyawan

Melakukan Bullying

Menampar anak buah melalui kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan dalam forum adalah perilaku negatif atasan yang dikategorikan dalam tindakan bullying. Pemimpin yang merasa security dalam pekerjaannya terganggu akan menjadikan kesalahan karyawannya sebagai konsumsi publik.

Mereka menganggap dengan mengumbar kesalahan salah satu karyawannya sebagai contoh akan memberikan dampak positif bagi karyawan lainnya. Kenyataannya dampak yang terjadi justru sebaliknya. Karyawan yang melihat kesalahan rekannya dibahas di tengah publik akan merasa ketakutan. Insecure leader melakukan ini untuk menunjukkan jika mereka bisa mengontrol situasi dan pembuktian dalam mendominasi kelompok.

Selalu Lebih Tahu dari Karyawannya

Manajer yang selalu memiliki semua jawaban untuk segala situasi dan menginginkan semua orang mengetahui itu, mereka menganggap dirinya tahu segalanya. Ini terjadi ketika mereka tidak berpikir jika salah satu tanggung jawab pemimpin adalah mengembangkan karyawannya. Ironisnya, insecure leader tidak bisa melakukannya hal ini. Mereka ingin memaksakan keputusannya karena merasa terancam jika karyawannya terlalu jauh melakukan intervensi. Otoritas penuh adalah hukum mutlak yang dibuat oleh para insecure  leader karena mereka merasa tak aman dengan posisi mereka di kantor.

Baca Juga: Hindari Kerja Tim yang Buruk! Ikuti 5 Cara Mudah Ini Jadi Team Leader Terbaik

Tidak Responsif

Ketika seorang atasan merasa tidak nyaman dengan sebuah situasi yang tidak menguntungkan mereka, maka dia akan menghindari situasi tersebut. Hal ini dilakukan ketika mereka merasa tidak memiliki kemampuan lebih atau batas kemampuannya yang membuat mereka merasa tidak percaya diri.

Tipe insecure leader akan berubah menjadi sosok yang tidak responsif terhadap hal-hal yang bisa menyinggung kelemahannya dalam pekerjaan. Mereka akan merasa terancam dengan anak buahnya yang dinilai lebih kompeten terhadap hal tertentu. Sebagai tameng, mereka akan menjadi pemimpin yang tidak responsif, sulit dihubungi, dan dianggap menghindar dari situasi tertentu.

Micromanaging

Perilaku negatif yang bisa dilakukan seorang insecure leader adalah micromanaging. Pada situasi ini secara sadar atau tidak mereka membuat karyawannya menjadi kurang berguna. Ia akan menciptakan sebuah pemikiran yang menyebutkan tak ada seorangpun yang bekerja sebaik dirinya. Itu artinya insecure leader akan mengambil kendali pekerjaan yang seharusnya hanya dilakukan sang karyawan meskipun sang karyawan memiliki kemampuan teknis lebih baik dari dirinya. Insecure leader tidak akan berusaha membantu karyawannya untuk mendapatkan promosi, melainkan merasa posisinya terancam.

Beri komentar Anda tentang artikel ini