Tips Efektif Menanggapi Permintaan Naik Gaji yang Diajukan Karyawan

permintaan naik gaji
Sumber : Tribun News

Seorang atasan pasti pernah menghadapi permintaan naik gaji dari karyawannya. Hal tersebut memang wajar. Terutama, jika harga kebutuhan pokok sedang melambung tinggi. Karyawan yang merasa pantas mendapatkan kenaikan gaji tentu tak segan mengajukannya.

Permintaan Naik Gaji Harus Disikapi secara Bijak oleh Atasan

Berikan tanggapan yang terbaik agar tidak mengecewakan karyawan Anda. Ini dia tipsnya!

Menanyakan Alasan tentang Permintaan Naik Gaji

Sumber : Forbes

Hal pertama yang wajib Anda lakukan saat menerima permintaan naik gaji adalah bersikap tenang. Berikan tanggapan yang serius supaya karyawan Anda merasa dihargai. Anda bisa melakukan pendekatan personal kepada karyawan tersebut. Tanyakan mengenai alasan yang mendasari si karyawan meminta kenaikan gaji. Jawaban tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan mengenai keputusan naik gaji atau tidak.

Baca Juga: 10 Alasan Perusahaan Menolak Permintaan Kenaikan Gaji

Meninjau Kinerja Karyawan

Sumber : Forbes

Jika Anda ingin mempertimbangkan permintaan naik gaji karyawan, berarti Anda wajib meninjau kinerja mereka. Cari tahu mengenai pencapaian yang sudah dilakukan karyawan tersebut selama bekerja. Anda juga wajib mencari informasi mengenai kontribusi yang sudah mereka lakukan demi pengembangan perusahaan. Karena kenaikan gaji adalah salah satu cara terbaik untuk menghargai kinerja karyawan.

Menawarkan Benefit Selain Uang

Sumber : Human Garden

Penghargaan terhadap kinerja karyawan sebenarnya tak selalu harus berupa naik gaji. Anda bisa menawarkan benefit lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan karyawan. Misalnya, menawarkan inventaris berupa mobil kepada tim sales yang sering bekerja di luar kantor. Atau, tawaran jam kerja fleksibel bagi karyawan yang sudah berkeluarga. Biasanya, karyawan akan senang hati menerima tawaran yang sesuai dengan kebutuhan. Keputusan tentang naik gaji pun bisa menjadi pertimbangan di lain kesempatan.

Jujur tentang Prosedur Naik Gaji

mengkritik atasan
sumber: sheknows

Anda tak perlu ragu untuk jujur ketika menanggapi permintaan naik gaji. Misalnya, jika Anda harus membahas rencana tersebut dengan atasan yang posisinya lebih tinggi dari Anda. Jadi, Anda bisa menyampaikan bahwa keputusan naik gaji butuh waktu pertimbangan agak lama. Kejujuran adalah salah satu bentuk menghargai karyawan. Karena karyawan Anda pasti sudah mengumpulkan keberanian untuk mengajukan kenaikan gaji.

Jangan menganggap permintaan kenaikan gaji sebagai beban perusahaan. Kalau Anda menghargai kinerja karyawan dengan gaji yang pantas, niscaya loyalitas karyawan akan semakin meningkat. Anda pun bisa bekerja sama dalam tim kerja yang solid dan selalu memprioritaskan tujuan perusahaan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini