3 Pernyataan Klise Ini Membuat Anda Terlihat Seperti Manajer yang Lemah

pernyataan klise manajer
Sumber : pinterest

Baik sebagai manajer proyek, VP, atau CEO, Anda pasti ingin menjauhi berbagai frase atau pernyataan klise yang bisa membuat Anda jadi terdengar lemah, tidak tahu apa-apa, atau ofensif. Seringkali, kita menggunakan ekspresi yang terasa familiar tanpa mempertimbangkan pesan yang ada di dalamnya.

Berikut adalah berbagai pernyataan klise yang sering diucapkan oleh manajer dan tanpa sadar memiliki dampak yang buruk. Jika Anda ingin memproyeksikan gaya manajemen yang positif, maka Anda harus menjauhinya.

Jauhi Pernyataan Klise Ini Jika Ingin Karyawan Menganggap Anda Bisa Diandalkan

“Kita perlu mengelola ekspektasi-ekspektasi kita tentang hal ini.”

Sumber : Career Trend

Pernyataan klise ini sayangnya sangat sering didengar di berbagai kantor. Terjemahan instan dari pernyataan ini adalah, “hal ini tidak berjalan dengan baik.” Saat Anda menggunakan pernyataan klise di atas, maka Anda menggunakan cara yang tidak cukup “tegas” atau “berani” untuk menyatakan bahwa pihak manajemen tidak akan memberikan hasil yang bagus. Yang harus Anda lakukan adalah memilih cara yang lebih jujur untuk menyampaikan kabar ini. Beritahukan kepada bawahan-bawahan Anda dengan pernyataan yang lebih terang-terangan, seperti, “Kita mungkin akan kehilangan pelanggan terbesar kita,” atau, “Hasil akhir tahun kita akan turun 30%.”

Lebih signifikannya lagi, diskusikan bagaimana cara mengubah realita ini dan meningkatkan hasilnya di masa depan. Bawahan Anda mengharapkan Anda untuk menunjukkan sifat kepemimpinan. Jangan takut dengan hasil buruk. Yang penting adalah memberikan mandat yang jelas apa yang harus Anda lakukan berikutnya.

Baca Juga: Ini Caranya Mengenali dan Menyaring Manajer yang Tidak Sehat

“Mari berpikir outside the box.

Secara prinsip, tidak ada salahnya untuk mengatakan pernyataan klise ini saat menjadi seorang manajer. Akan tetapi, seringkali kata-kata ini diucapkan dengan sedikit sekali panduan tambahan sehingga dampaknya hanyalah kebingungan. Ekspresi ini sebenarnya menunjukkan bahwa ada kebutuhan di perusahaan untuk menjadi lebih berani dan menciptakan solusi-solusi yang kreatif. Mirip dengan iklan-iklan yang menggunakan slogan, misalnya, frase seperti “Think Different” (Apple) atau “Just Do It” (Nike). Ekspresi seperti ini ingin mendorong bahwa kita bisa sukses dengan mendobrak nilai-nilai tradisional.

Namun, tanpa memiliki panduan yang tepat, karyawan akan merasa frustrasi dan bingung. Anda harus bisa menjelaskan apa yang ada di “box” tersebut dan apa yang ada di luarnya. Sebagai pemimpin, Anda harus memberikan follow up dari pernyataan klise ini. Jika tidak, maka brainstorming Anda tidak akan ke mana-mana dan malah akan berujung kepada kegagalan.

“Ini tidak ada di radar kita.”

merusak kredibilitas
Sumber : youtube

Di satu sisi, pernyataan klise yang sangat sering digunakan di level manajemen ini terdengar masuk akal. Mengatakan bahwa sesuatu tidak berada pada radar kita artinya sekedar kita tidak memperkirakan atau mempertimbangkannya. Namun, di sisi lain, frase ini menunjukkan manajemen yang payah.

Misalnya, jika ada anggota tim yang mengatakan kepada bosnya, “Apakah kita akan memperluas program pelatihan IT kita tahun ini” dan sang manajer menjawab, “Hal itu tidak ada di radar kita,” maka respon tersebut adalah sebuah pernyataan klise yang lemah. Respon tersebut menunjukkan bahwa sang manajer mengalihkan pertanyaan dan bukannya menjawab dengan tepat. Padahal, peran manajer adalah untuk memikirkan masalah penting seperti itu dan merespon dengan sesuai.

Jika pelatihan IT atau pelatihan apa pun yang dipertanyakan adalah sebuah hal yang bermanfaat dan bahkan diperlukan, maka masukkanlah ini pada agenda. Dan jika sedang tidak ada rencana untuk pelatihan pada saat tersebut, jawab dan jelaskan dengan gamblang mengapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here