Mau Bekerja di Luar Negeri? Persiapkan Hal-Hal Ini Dulu!

Bekerja di luar negeri tentunya butuh persiapan tersendiri. Buat yang menonton series “Emily in Paris”, pasti paham deh bagaimana sulitnya beradaptasi di negeri orang. Kalau kamu punya keinginan pindah kerja ke luar negeri, pastikan sudah benar-benar yakin dan siap ya.

Kira-kira persiapan apa saja yang bisa kamu lakukan jika hendak bekerja di luar negeri? Setidaknya tiga poin berikut wajib kamu miliki. Jangan sampai ribet dan pusing sendiri saat merantau ke luar negeri.

Mengurus Visa dan Perizinan Lainnya

Jangan bayangkan bekerja di luar negeri seperti liburan atau jalan-jalan. Ingat, kamu bukan hanya plesir sehari atau dua hari saja di sana. Kamu akan hidup berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dan itu sebabnya kamu butuh persiapan yang baik.

Pastikan kamu cari tahu perizinan apa saja yang dibutuhkan untuk kerja di sana. Entah itu visa atau pun dokumen penting lainnya. Ini memang bagian paling merepotkan sebelum pemberangkatan alias pindah ke sana, jadi harus sabar dan teliti ya.

Baca Juga: Bekerja di Balik Meja atau di Luar Kantor, Kamu Suka yang Mana?

Sebaiknya Punya Sertifikasi Bahasa

Tantangan bekerja di luar negeri adalah menguasai bahasa sehari-sehari di sana. Kalau pindah ke negeri yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris, mungkin ini bukan kesulitan besar. Tapi, apa jadinya kalau kamu harus bekerja di tengah orang-orang yang tidak fasih bahasa Inggris?

Milikilah sertifikasi bahasa asing sebelum memutuskan pindah kerja ke luar negeri. Ingat, bahasa adalah media komunikasi paling penting selama kamu bekerja, bahkan hidup sehari-hari. Ketidaktahuan bahasa hanya akan membuatmu frustrasi dan tidak betah berlama-lama di sana.

Riset Biaya Hidup Sebaik Mungkin

Bekerja di luar negeri jelas tidak semudah bekerja di sini. Kamu harus pikirkan bagaimana caranya hidup bertahan di sana. Itu sebabnya, kamu butuh melakukan riset mengenai biaya hidup di sana sedetail mungkin.

Cari tahu berapa biaya untuk sewa apartemen atau tempat tinggal, biaya kebutuhan sehari-hari, biaya makan, dan lain-lain. Pertimbangkan dengan gaji yang kamu terima dari perusahaan, pastikan sudah mampu mencukupi kehidupanmu. Ada kalanya pekerja Indonesia di luar negeri juga harus melakukan penghematan demi bisa menabung lebih banyak loh.

Mampu berkarier hingga ke luar negeri memang menjadi impian bagi banyak orang. Siapkan dirimu sebaik mungkin dari sekarang, siapa tahu kesempatan itu kelak menjadi milikmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here