Ingin Bekerja Sambil Berbisnis? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Bekerja sambil berbisnis tentu menyenangkan, karena kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan, sembari menyediakan lapangan kerja bagi orang lain. Namun, bekerja sambil menjalankan bisnis tidaklah semudah yang diperkirakan banyak orang.

Saat bekerja sambil berbisnis kamu harus membagi konsentrasi pada dua hal. Belum lagi jika ada masalah pada pekerjaan atau bisnismu. Maka persiapan yang matang perlu dilakukan kalau kamu memutuskan berbisnis di sela-sela pekerjaan utama.

Untuk membantumu mempersiapkannya, berikut ini beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum kamu memutuskan untuk membangun bisnis saat masih bekerja full time.

Relakah Kamu Mengorbankan Waktu untuk Bekerja Sambil Berbisnis

Bekerja sambil berbisnis berarti kamu harus membagi waktu dan tenaga. Namun, apakah kamu sudah siap mengurangi waktu yang biasanya digunakan untuk beristirahat atau bercengkrama dengan keluarga? Pasalnya, mengatur waktu dengan baik merupakan kunci kesuksesan bekerja sambil berbisnis.

Sumber Daya Apa Saja yang Kamu Miliki?

Membangun bisnis tentu membutuhkan modal berupa uang. Namun, itu bukanlah hal yang utama. Kamu juga harus memiliki network. Dengan memiliki network, kamu bisa mendapatkan akses untuk menggunakan lebih banyak sumber daya lainnya.

Baca Juga: Ingin Punya Bisnis Kuliner tetapi Modal Terbatas? Cloud Kitchen Solusinya

Apakah Kamu Sudah Memvalidasi Ide Bisnismu?

Tidak semua ide bisnis yang kamu miliki bisa dijalankan. Kamu harus memastikan solusi apa yang kamu tawarkan kepada pelanggan. Kamu juga harus memastikan apakah produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar dibutuhkan orang.

Kalau dibutuhkan orang, seberapa banyak yang membutuhkannya. Selain itu, sudahkah kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bisnis yang kamu miliki?

Apakah Bisnismu adalah Passion Kamu?

Berbisnis adalah berproses. Apakah kamu orang yang mau berproses? Ingat, keinginan untuk mendapatkan uang tidaklah cukup untuk menjadi motivasi. Kamu juga harus mencintai bisnismu agar bisa berkembang dan bertahan lama.

Apakah Kamu Mau Belajar?

Mengembangkan bisnis berarti mempelajari hal-hal yang baru. Ada banyak sumber pembelajaran yang bisa digunakan. Salah satunya, pebisnis lain yang sudah sukses dengan produk atau jasanya. Untuk bisa belajar dari pebisnis yang sukses, kamu bisa memanfaatkan network yang kamu miliki.

Nah, dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas, sekarang kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan lebih baik untuk bekerja sambil membangun bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here