Agar Tetap Produktif, Jangan Pernah Bekerja Ekstra tanpa Persiapan Lembur Ini!

persiapan lembur
Sumber : Shutterstock

Lembur bukanlah hal asing bagi para karyawan. Sebab, biasanya lembur kerap dilakukan ketika pekerjaan sedang menumpuk. Selain itu, peak season yang memengaruhi order di perusahaan juga sering membuat karyawan harus lembur demi menyelesaikan tugas. Jika Anda akan lembur di kantor, Anda harus melakukan persiapan lembur yang matang supaya produktivitas Anda tetap terjaga.

Persiapan lembur yang Harus Direncanakan dengan Baik

Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Sumber: hawaku

Jangan langsung memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan bila berencana lembur hari ini. Persiapan lembur paling sederhana yang wajib Anda lakukan adalah meluangkan waktu istirahat. Setelah jam pulang kerja, sisihkan waktu selama 1 jam untuk bersantai sejenak atau tidur. Cara sederhana ini akan membuat tubuh Anda kembali berenergi dan tidak mudah mengantuk. Sehingga, waktu lembur Anda pun akan semakin bermanfaat dan tidak menjadi beban.

Baca Juga: Seringnya Bekerja Lembur Ternyata Berdampak Buruk pada Jantung

Siapkan Air Putih

Sumber : Get Pure Water

Tubuh selalu membutuhkan asupan cairan yang memadai untuk mendukung metabolisme tubuh, terutama bila Anda sudah lelah bekerja seharian. Anda wajib menyiapkan air minum dengan jumlah yang mencukupi selama lembur. Letakkan air minum tersebut di meja kerja supaya Anda tak lupa meminumnya. Konsentrasi Anda akan tetap terjaga dengan baik jika tubuh tidak kekurangan asupan air.

Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik di kantor

Mendengarkan musik favorit dengan volume besar tentu tak jadi masalah ketika kantor sudah sepi. Persiapan lembur ini justru akan membangkitkan semangat kerja Anda. Jadi, segera siapkan playlist berisi lagu-lagu favorit Anda untuk menemani aktivitas lembur di kantor. Sebaiknya, Anda memilih lagu-lagu berirama cepat supaya tidak membuat Anda mengantuk ketika lembur.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Sumber : Deutsche Startups

Ternyata, tak sedikit orang yang merasa agak terganggu dengan pakaian formal selama bekerja di kantor. Kalau Anda termasuk salah satu orang yang tak nyaman dengan pakaian formal, Anda bisa lebih leluasa ketika lembur. Karena Anda bisa menggunakan sandal jepit sebagai alas kaki, melepaskan ikat pinggang yang ketat, atau membuka kancing kemeja yang terasa sesak. Tubuh harus rileks agar Anda bisa lembur berjam-jam tanpa rasa lelah.

Menyiapkan Aneka Camilan Kesukaan

Camilan tentu menjadi salah satu persiapan lembur yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup sewaktu lembur. Siapkan aneka camilan kesukaan yang bercita rasa segar. Namun Anda tetap harus cermat memilih camilan. Hindari camilan dengan porsi jumbo atau camilan yang kalorinya berlebihan. Asupan gizi selama lembur harus tetap seimbang agar tak berdampak buruk pada berat badan dan kesehatan Anda.

Persiapan lembur yang matang akan membuat Anda lebih bersemangat dan siap menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas. Pengalaman menarik apa yang pernah Anda rasakan selama lembur di kantor?