Hal-Hal yang Wajib Dimiliki untuk Persiapan Usia 30 Tahun

Usia bertambah seharusnya diiringi bersama kedewasaan berpikir. Menuju persiapan usia 30 tahun, kira-kira apa saja yang sudah Anda miliki? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jelang persiapan usia 30 tahun.

Sebagai Persiapan Usia 30 Tahun, Anda Wajib Punya Tabungan yang Cukup

Coba cek, sudahkah Anda mempersiapkan finansial Anda dengan baik? Di usia 30 tahun, sudah sewajarnya Anda memiliki tabungan yang cukup. Bahkan, bila perlu sudah waktunya Anda “melek” akan investasi.

Seseorang yang akan berusia 30 tahun biasanya sudah memiliki visi dan misi jangka panjang. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk merencanakan keuangan jauh-jauh hari. Belajarlah untuk membagi-bagi pos keuangan Anda sesuai kebutuhan sekarang dan masa depan.

Pengembangan Diri melalui Ilmu dan Kemampuan Baru

Kalau Anda merasa hidup Anda terlalu datar dan biasa-biasa saja jelang usia 30 tahun, bisa jadi ada yang kurang tepat. Daripada jenuh dan bosan dengan rutinitas, mulailah keluar dari “kotak” Anda dengan belajar hal baru.

Beberapa hal baru yang dapat Anda coba antara lain bisa berasal dari hobi, komunitas, maupun kursus di luar pekerjaan. Mengembangkan diri menjadi hal wajib yang Anda lakukan menjelang persiapan usia 30 tahun. Kalau hidup Anda penuh hal-hal baru mengasyikkan, rasanya jenuh dan bosan pun akan hilang.

Baca Juga: Ingin Hidup Sukses dan Bahagia? Yuk, Terapkan Pola Pikir Berikut

Jadikan Momen bersama Sahabat Menjadi Persiapan Usia 30 Tahun yang Paling Asyik

Selagi masih ada waktu untuk berkumpul bersama sahabat, manfaatkanlah waktu tersebut. Kehidupan pertemanan terkadang bisa menjadi merenggang ketika masing-masing orang sudah berumah tangga. Oleh sebab itu, jagalah pertemanan yang ada sebagai bekal menuju usia Anda yang semakin bertambah.

Tidak banyak orang yang bisa mempertahankan pertemanan sampai usia senja. Membangun kualitas hubungan pertemanan sangat penting agar Anda tidak pernah merasa sendirian. Sudahkah Anda melakukan hal ini?

Mencoba Bisnis Kecil Pun Tidak Ada Salahnya

Persiapan usia 30 tahun rasanya terasa cukup menantang ketika Anda mulai berpikir untuk berbisnis. Tenang, Anda tidak perlu langsung berbisnis dengan omset yang besar. Mulailah dari hal yang sederhana seperti bisnis online atau reseller.

Bisnis dapat menjadi pegangan Anda saat nanti sudah tidak berada di usia produktif. Lagipula, hitung-hitung bisa Anda jadikan sebagai tambahan penghasilan bukan? Siapa tahu, usaha kecil-kecilan Anda dapat berubah menjadi usaha lebih besar saat Anda sudah pensiun kerja.

Nah, sudahkah Anda melakukan persiapan usia 30 tahun di atas? Jika belum, ada baiknya Anda mulai membenahi diri mulai dari sekarang. Jangan sampai menyesal di kemudian hari ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here