Persiapan Penting Mahasiswa agar Bisa Menjadi Sarjana Siap Kerja

Banyak fresh graduate mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Hal tersebut sebenarnya terjadi karena keterbatasan jumlah sarjana siap kerja. Karena lulus kuliah bukanlah jaminan bahwa seseorang memiliki kapabilitas untuk masuk ke dunia kerja.

Oleh karenanya, mahasiswa wajib melakukan persiapan pribadi demi menjadi sarjana siap kerja.

Beberapa hal penting berikut ini tak boleh luput dari perhatian para mahasiswa modern.

Menentukan Universitas yang Tepat

Hal pertama yang wajib dilakukan mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi sarjana siap kerja adalah menentukan universitas yang tepat. Tidak semua universitas menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan mahasiswa.

Sebaiknya Anda memilih universitas yang memiliki program magang, kewirausahaan, dan sejumlah aktivitas lainnya yang mendukung pengembangan pribadi. Kalau Anda sudah familiar dengan dunia kerja sejak dini, niscaya Anda punya banyak pengalaman berharga yang membuat Anda lebih mudah diterima kerja.

Selalu Mencari Informasi Update Seputar Dunia Kerja

Bekerja kini tak selalu identik dengan aktivitas yang dilakukan seharian di kantor. Banyak pekerjaan menarik lainnya yang menjanjikan gaji besar dan pengalaman tanpa harus duduk di meja kantor. Oleh karena itu, para mahasiswa mesti rajin mencari informasi update seputar dunia kerja.

Faktanya, Anda tak harus menekuni pekerjaan yang benar-benar berhubungan dengan jurusan kuliah. Sebab Anda punya banyak kesempatan untuk mengubah minat dan bakat menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Memperluas Relasi selama Kuliah

Jangan hanya menjadi mahasiswa yang sekadar kuliah lalu pulang ke rumah setiap hari. Gunakan sebagian waktu Anda untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Usahakan untuk berhubungan baik dengan dosen, teman-teman jurusan lain, dan kakak kelas. Dengan demikian, jalinan relasi tersebut akan membuat peluang kerja semakin terbuka lebar. Bukan mustahil bila nantinya Anda mendapatkan pekerjaan bonavide dari relasi yang Anda kenal selama kuliah.

Baca Juga: Sulit Memulai Percakapan dalam Networking? Coba Terapkan Cara Ini!

Menekuni Pekerjaan Part Time

Banyak manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa bila menekuni pekerjaan part time. Tak sekadar soal menghasilkan uang, pekerjaan part time juga membantu mahasiswa memahami dinamika di dunia kerja. Sehingga lingkungan kerja tak lagi menjadi sesuatu yang mengejutkan pasca lulus kuliah.

Bila Anda terbiasa bekerja part time, Anda akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Bahkan, Anda juga bisa memasukkan pengalaman kerja tersebut ke dalam Curriculum Vitae (CV). Maka Anda akan dianggap sebagai sarjana siap kerja yang mampu bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya.

Menjadi sarjana siap kerja memang butuh proses panjang sejak Anda mulai memasuki dunia kuliah. Jika Anda mempersiapkannya dengan baik, niscaya Anda bisa meniti karier cemerlang dalam waktu relatif singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here