Tak Perlu Buru-Buru, Ini 7 Hal yang Harus Disiapkan Perempuan Sebelum Menikah!

perempuan sebelum menikah
sumber: Yahoo

Sudah berusia di atas 25 tahun, tetapi belum kunjung menikah? Tenang, kamu tidak perlu panik. Menikah bukanlah suatu kegiatan menyenangkan layaknya liburan. Menikah adalah babak kehidupan baru yang butuh persiapan matang. Bukan hanya soal materi, kedewasaan berpikir dan bertindak jadi kunci utamanya. Tahukah kamu kalau perempuan sebelum menikah itu harus sudah siap akan banyak hal? Jadi, selagi masih muda dan belum memiliki pasangan, ada baiknya kamu belajar untuk memantaskan diri sebelum memperoleh pendamping hidup. Berikut ini tujuh poin penting yang harus disiapkan perempuan sebelum menikah. Simak baik-baik ya!

Perempuan Sebelum Menikah Harus Sudah Matang Mengolah Emosi dan Lebih Sabar

sumber: Great Beginnings Surrogacy Services

Pernikahan adalah sebuah dunia baru yang akan kamu jalani bersama seseorang sepanjang hidupmu. Bayangkan saja, setiap hari kamu akan berada bersama seseorang yang sama dengan semua kebiasaannya. Jadi, sudah selayaknya kamu mempersiapkan diri dengan keadaan tersebut. Belajarlah mengontrol emosimu karena kamu akan menemui beberapa pertengkaran kecil saat sudah menikah. Tentu kamu tidak mau kan rumah tanggamu kelak hanya dibumbui perdebatan?

Baca Juga: Ini Tantangan yang akan Dihadapi Pasangan Beda Budaya untuk Menikah

Mengenal Pekerjaan Rumah Tangga Itu Perlu Lho

sumber: Freepik

Sadari kodratmu sebagai perempuan. Kelak, kamu akan menjadi orang nomor satu dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Meski kamu memilih untuk memiliki asisten rumah tangga, tetap saja kontrol dan kendali atas pekerjaan rumah tangga ada padamu. Jadi, perempuan sebelum menikah wajib belajar apa saja pekerjaan rumah tangga. Misalnya, memasak, mencuci, menata ruangan, dan lain-lain. Istri yang cakap akan terlihat dari pekerjaan rumah tangga dapat selesai dengan baik. Jangan sepelekan masalah ini ya!

Harus Siap Mengelola Keuangan Lebih Besar

sumber: Spokane Community College

Mulai sekarang belajar juga untuk lebih bijaksana dalam mengelola keuangan. Saat sudah menikah, maka kamu akan menemui banyak sekali pengeluaran yang harus dipikirkan. Kamu bukan hanya mengelola gajimu, tetapi juga uang dari suamimu. Pastikan kamu bisa mengestimasi pengeluaran tiap bulan agar tidak defisit. Perempuan sebelum menikah mau tidak mau harus belajar keuangan loh, minimal harus bisa mengelola kas kecil keluarga.

Selain Itu, Perempuan Harus Siap Juga Berdamai dengan Rumah Tangga dan Karier

sumber: Freepik

Dilema para perempuan yang hendak menikah adalah pilihan antara rumah tangga dan karier. Jika menikah membuatmu harus melepas karier dan mengikuti suami, maka persiapkan dirimu dengan baik. Jangan sampai masalah karier dan rumah tangga belum selesai hingga detik-detik menjelang kamu menikah. Kalau pun kamu masih bisa berkarier, belajarlah untuk bisa membagi waktu dengan urusan rumah tangga.

Menyelerasakan Visi dengan Pasangan Wajib Dilakukan Perempuan Sebelum Menikah

sumber: Yahoo

Bukan hanya karier, visi alias tujuan hidup juga harus kamu selaraskan bersama pasangan. Jangan sampai masing-masing dari kalian justru mengejar visi masing-masing tanpa berdiskusi. Tentu saja ada beberapa hal harus dikorbankan saat akan menikah. Namun, asal dibicarakan bersama dan dijalani dengan ketulusan, baik kamu maupun pasangan pasti bisa kok menemukan visi baru untuk kebaikan berdua. Jangan sampai kamu memakai alasan menikah menjadi penghalang impianmu, ya!

Belajar dari Teman yang Sudah Terlebih Dahulu Menikah

sumber: shutterstock

Perempuan sebelum menikah biasanya lebih banyak bertanya pada teman-teman yang sudah menikah. Entah itu masalah persiapan pernikahan, kehidupan rumah tangga, hingga parenting. Nah, manfaatkanlah waktumu sekarang untuk belajar dengan yang sudah lebih dahulu berumah tangga. Kamu setidaknya dapat memiliki gambaran bagaimana sebuah pernikahan akan berjalan kelak. Ini membantumu agar tidak terlalu kaget setelah menikah.

Menjaga Kesehatan Tubuh Wajib Dilakukan

sumber: Womens Health West

Selain beragam kesiapan mental tadi, kesehatan tubuh juga harus dipelihara oleh perempuan sebelum menikah. Pastikan kondisi fisik kamu dan pasangan benar-benar sehat. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mendeteksi kesehatan bersama sejak dini.

Nah, ternyata banyak juga ya yang harus disiapkan perempuan sebelum menikah. Jadi, bukan hanya sekadar masalah usia semakin bertambah tua nih. Kesiapan mental juga sangat diperlukan. Lalu, sudah siapkah kamu untuk menikah?

Beri komentar Anda tentang artikel ini