Lakukan 5 Hal Ini Setengah Jam Sebelum Wawancara Kerja

setengah jam sebelum wawancara
Sumber : Inc

Wawancara kerja memang menjadi momen menegangkan bagi setiap orang. Anda harus cepat beradaptasi dengan suasana tersebut agar wawancara kerja berlangsung lancar. Itulah sebabnya persiapan setengah jam sebelum wawancara kerja harus Anda lakukan secara cermat.

Hal-hal apa saja yang wajib dilakukan setengah jam sebelum wawancara kerja? Inilah ulasannya!

Sudah Sampai di Tempat Wawancara Kerja

Sumber : BDO Akademia

Hal pertama yang harus Anda lakukan setengah jam sebelum wawancara kerja adalah tiba di tempat wawancara. Jangan sampai Anda terlambat dan memberikan kesan tidak disiplin. Datang lebih awal setengah jam membuat Anda berkesempatan untuk menenangkan diri. Anda pun akan terhindar dari rasa gugup sesaat sebelum wawancara.

Baca Juga: 3 Kesalahan Bahasa Tubuh Ini Bisa Fatal Akibatnya saat Wawancara

Bercermin dan Merapikan Pakaian

Sumber : BA Times

Penampilan adalah salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat akan menjalani wawancara kerja. Usahakan untuk bercermin dan merapikan pakaian setengah jam sebelum wawancara. Luangkan waktu untuk ke toilet sebentar dan memastikan bahwa penampilan Anda sudah tampak rapi. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menyisir rambut dan touchup make up (bagi para wanita).

Menyapa Resepsionis dan Staf Keamanan

Sumber : Igorem Merich

Anda wajib menyapa resepsionis dan staf keamanan saat tiba di tempat wawancara. Sebab Anda juga harus bertanya tentang lokasi detail tempat wawancara. Mulailah menyapa resepsionis dan staf keamanan dengan ramah. Hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi Anda. Karena Anda menunjukkan itikad baik sebagai seorang calon karyawan.

Membaca Catatan tentang Perusahaan

Sumber : Video Blocks

Biasanya para pelamar kerja sudah menyiapkan catatan tentang company profile ketika akan wawancara kerja. Kalau Anda juga sudah menyiapkan catatan tersebut, Anda bisa membacanya kembali setengah jam sebelum wawancara kerja. Anda juga bisa mengambil brosur yang disiapkan di resepsionis atau tempat-tempat lain. Supaya pengetahuan Anda tentang perusahaan yang bersangkutan semakin bertambah.

Menyiapkan Jawaban tentang Kelebihan Diri Sendiri

Sumber : Finance Jobs

Salah satu pertanyaan yang sering membuat pelamar kerja kewalahan adalah kelebihan diri sendiri. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda sudah menyiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Siapkan satu atau dua hal yang menjadi kelebihan Anda dibandingkan pelamar kerja lainnya. Dengan demikian, Anda tak akan terlalu gugup ketika menghadapi pertanyaan tersebut.

Setengah jam sebelum wawancara kerja adalah momen penting untuk mempersiapkan diri. Pastikan kalau Anda sudah siap menjalani sesi wawancara agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini