Pertamuda, Program Pertamina Melahirkan Startup Buatan Mahasiswa

Ilustrasi perencanaan startup. (FOTO: Shutterstock).

Perkembangan startup di kalangan generasi muda Indonesia menjadi pusat perhatian PT Pertamina (Persero). Ajang “Pertamuda atau Pertamina Muda – Seed & Scale Up” digelar Pertamina sebagai bentuk komitmennya mengembangkan startup karya anak bangsa.

Program pembinaan untuk mengembangkan startup ini akan dilakukan Pertamina bersama kampus-kampus di Indonesia. Dukungan institusi pendidikan di dunia perkembangan startup memang semakin meningkat. Seluruh kampus di Indonesia mulai melengkapi diri dengan lembaga inkubasi bisnis bagi mahasiswanya.

“Pertamina sebagai BUMN menjalankan amanah selama ini. Bukan hanya meningkatkan kinerja bisnis dan mencari keuntungan, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat saja. Tapi juga harus dorong terbentuknya pengembangan bisnis baru yang sifatnya perintis dan pengembangan sektor bisnis skala UMKM,” jelas Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, dalam peluncuran Pertamuda di Denpasar, Bali, Rabu (17/6), dilansir dari Republika.

Baca Juga: Bagaimana Menerapkan Digital Transformasi di Bisnis Tambang?

Pada acara peluncuran tersebut, Nicke juga memotivasi kalangan muda berkompetisi untuk menggali kreativitas, inovasi, dan ide terbaik untuk bisnis sektor energi. Ia menegaskan sektor energi dan lainnya di dunia mengalami transisi yang sangat cepat. Baik dari jenis energinya, mekanisme dan pola kerjasamanya, stakeholder manajemen, serta supply chain. Menurut itu sektor-sektor tersebut harus dilakukan transformasi.

“Ayo tunjukkan kecintaan pada Indonesia. Karena kita harus lakukan transisi energi. Kita perlu cara baru, inovasi baru, dan ide brilian dari anak-anak muda,” ujar Nicke.

Melalui program Pertamuda, Pertamina akan menggalang ratusan mahasiswa dari pelbagai perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia untuk melahirkan ide atau gagasan bisnis yang brilian. Sejauh ini Pertamina telah mengajak 33 kampus di Indonesia untuk turut serta dalam program Pertamuda.

Program Pertamuda ini diharapkan akan menjadi ajang kreatif dan berbisnis bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia. Pertamina akan memilih 50 ide terbaik, yang kemudian akan dipertandingkan secara offline pada acara “Demoday Pertamuda 2021”, di Bali.

Tiga ide terbaik akan mendapatkan modal usaha untuk menjalankan ide bisnisnya masing-masing sebesar Rp100 juta. Setelah “Demoday Pertamuda 2021”, 50 perserta akan mengikuti program monitoring selama 10 bulan untuk memantau perkembangan ide bisnisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here