Tips Menjawab Pertanyaan Interview: Kenapa Anda Ingin Bekerja di Sini?

Pertanyaan interview: “Kenapa Anda ingin bekerja di tempat ini?” tak hanya terbatas pada interview kerja saja. Anda akan kerap menemukan pertanyaan interview ini saat sedang bersosialisasi, menghadiri job fair dan sebagainya.

Saat Anda dihadapkan pada pertanyaan interview seperti ini, Anda harus memiliki jawaban yang kuat. Jawaban Anda harus memberikan cerminan pengetahuan Anda seputar perusahaan, kemampuan, bakat, pengalaman dan kekuatan yang Anda miliki yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

Baca Juga: Tips Profesional Merintis Karier yang Gemilang di Dunia Marketing

Pertanyaan Interview: Kenapa Anda Ingin Bekerja di Tempat Ini?

Tidak Selalu Tentang Anda

Bukan Tentang AndaIngatlah bahwa dalam wawancara kerja, selama Anda belum menerima tawaran kontrak, yang ada di pikiran pewawancara hanyalah bagaimana caranya mengeliminasi Anda.

Pastikan Anda tak pernah memberikan jawaban seperti ini:

“Karena butuh uang.”

“Sepertinya ini perusahaan yang bagus untuk tempat bekerja.”

“Sepupu saya yang bernama A kerja di perusahaan ini dan memperoleh banyak benefit.”

Ketiga alasan ini terdengar mirip dan kemungkinan besar benar. Namun, mereka mengandung kesalahan yang sama; semuanya berkisar tentang apa yang Anda inginkan. Jawaban ini takkan membawa Anda kepada pekerjaan yang Anda inginkan.

Alasan umum juga takkan membuat Anda tampil berbeda dari kandidat lainnya. Sebagai contoh:

“Karena saya tahu saya bisa memberi kontribusi yang baik.”

“Karena saya tahu Anda sedang membuka lowongan untuk posisi … dan saya memenuhi persyaratan tersebut.”

Meskipun jawaban ini terdengar lebih baik, tetap saja mengandung kesalahan karena merupakan jawaban “ngambang”. Jawaban ini merupakan jawaban “pemanis” yang digunakan semua orang kepada semua perusahaan untuk semua jenis pekerjaan.

Apa yang Salah dengan Jawaban-Jawaban Tadi?

Apa yang salahJawaban-jawaban di atas tak menarik di mata HRD karena jawaban tersebut sama sekali tak berhubungan dengan mereka. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dari jawaban di atas tadi:

  1. Jawaban-jawaban di atas fokus pada keuntungan yang Anda peroleh semata. Meskipun perusahaan ingin agar Anda menyenangi pekerjaan Anda, pada titik ini, mereka tak peduli tentang apa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Yang ingin mereka ketahui hanyalah keuntungan apa yang mereka dapatkan jika mempekerjakan Anda.
  2. Jawaban-jawaban tersebut tak menunjukkan pemahaman tentang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pewawancara ingin mengetahui ketertarikan Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Sedangkan jawaban samar yang menitikberatkan kepentingan Anda sendiri tak menunjukkan ketertarikan tersebut.

Inilah Persiapan yang Harus Anda Lakukan

persiapan interviewPersiapan yang perlu Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan interview ini mencakup tiga area utama, yakni:

1. Kenali Diri Anda.

Sebelum berbicara dengan pewawancara Anda atau bahkan sekedar melakukan networking untuk pekerjaan yang Anda impikan, Anda harus benar-benar paham apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka. Apa sajakah timbal balik yang bisa Anda berikan kepada perusahaan.

2. Kenali Perusahaan yang Anda Lamar.

Cari tahu segala sesuatu tentang perusahaan yang akan Anda lamar. Ketika Anda mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut, budaya kerja, tujuan, produk dan tantangan yang dihadapi, Anda bisa membicarakan tentang diri Anda dan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan tersebut.

3. Kenali Posisi dan Departemen yang Anda Lamar (jika memungkinkan).

Di masa seperti sekarang ini, Anda bisa mencari tahu tentang pekerjaan yang sedang Anda lamar melalui media seperti LinkedIn. Anda bahkan bisa mencari tahu tentang profil para staff di departemen yang Anda minati. Gunakanlah informasi tersebut untuk mencari tahu tentang tanggung jawab pekerjaan dan untuk mengidentifikasi di grup LinkedIn mana mereka tergabung. Anda juga bisa mengandalkan Google untuk mencari lebih banyak informasi seputar perusahaan tersebut.

Ketika Anda telah melakukan persiapan di atas, Anda takkan lagi melakukan kesalahan saat menjawab pertanyaan interview, “Kenapa Anda ingin bekerja di sini?” Sebaliknya, Anda akan siap untuk menjawab dengan penuh percaya diri tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar, ketertarikan Anda, kecocokan dengan kualifikasi yang Anda miliki, karakter dan pengalaman Anda.

Jika pekerjaan ini tak cocok bagi Anda sekalipun, jika pewawancara menyukai Anda dan ingin mempekerjakan Anda, mereka akan menemukan posisi yang tepat (dengan gaji yang tepat) untuk Anda ke depannya. Itulah jawaban untuk pertanyaan interview, “Kenapa Anda ingin bekerja di tempat ini?”

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja: