Ragam Pertanyaan Kandidat Karyawan di Masa Pandemi Corona

Saat wawancara kerja kamu tentunya boleh bertanya pada pewawancara jika kesempatan itu diberikan. Dengan bertanya kamu berarti peduli pada keberlangsungan kariermu. Selain itu, pewawancara juga akan beranggapan kamu memiliki motivasi tinggi untuk bekerja. Namun, adakah pertanyaan kandidat karyawan terkait dengan suasana kerja yang berbeda di masa pandemi ini?

Sebelum bekerja atau merintis karier di sebuah perusahaan, kamu tentunya harus memastikan apakah perusahaan itu bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bekerja. Di masa pandemi Corona, kamu tentunya ingin perusahaan tempatmu bekerja juga memperhatikan protokol kesehatan. Agar kesehatan karyawan bisa tetap terjaga. Sebaliknya, perusahaan tentunya juga ingin memastikan karyawan dan kandidat karyawannya mematuhi protokol kesehatan.

Untuk itu, jika kamu diundang untuk menghadiri wawancara kerja, beberapa pertanyaan kandidat karyawan ini bisa ditanyakan pada rekruter atau pewawancara.

Pertanyaan Sebelum Wawancara Kerja

Saat rekruter menghubungi kamu untuk menghadiri wawancara kerja, ada baiknya kamu menanyakan lokasi wawancara kerja akan dilakukan. Seperti diketahui, di masa pandemi ini, tidak tertutup kemungkinan wawancara kerja dilakukan secara online. Jika dilakukan secara online, maka sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk kesempatan itu.

Namun, jika rekruter menyatakan kamu harus datang ke kantor, kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apakah saya harus mengenakan masker saat wawancara dilakukan?
  • Apakah pewawancara akan mengenakan masker?
  • Bagaimana dengan aturan/etika bersalaman tangan dengan pewawancara?

Selain beberapa pertanyaan d iatas, kamu juga bisa menanyakan apakah ada hal-hal lain yang harus kamu ketahui sebelum mendatangi kantor perusahaan atau sebelum wawancara kerja dilakukan.

Baca Juga: Mengikuti Wawancara Online di Masa Pandemi, Nyaman atau Nggak Ya?

Pertanyaan Mengenai Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

Siapapun tentunya tidak ingin terpapar oleh virus COVID-19 saat sedang bekerja. Oleh karenanya, saat wawancara kerja kamu bisa menanyakan beberapa pertanyan ini pada pewawancara:

  • Bagaimana pandangan atau pendapat perusahaan tentang pemberlakuan protokol kesehatan?
  • Apa saja yang sudah dilakukan perusahaan sehubungan dengan pemberlakuan protokol kesehatan?
  • Apakah kewajiban menggunakan masker menjadi masalah bagi karyawan perusahaan yang saat ini bekerja?
  • Jika ada karyawan yang terpapar virus COVID-19, tindakan apa yang akan dilakukan perusahaan?

Beberapa pertanyaan tersebut bisa kamu tanyakan saat wawancara kerja secara online maupun secara offline (di kantor). Yang perlu diperhatikan, ada baiknya ajukan pertanyan tersebut setelah kamu mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan lainnya. Misalnya, jawaban terkait keberlangsungan karier, kesempatan mengembangkan kemampuan, budaya dan suasana kerja perusahaan dan lain-lain.

Bertanya saat wawancara kerja menunjukkan kamu peduli pada perusahaan dan bukan hanya sekedar mengejar gaji. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Dengan menanyakan pertanyaan di atas, diharapkan kamu bisa sukses melewati wawancara kerja di masa pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here