Jawaban Terbaik Mengenai Motivasi Kerja Saat Interview Kerja

motivasi kerja saat interview
Sumber: qerja

Pada saat proses interview kerja, mengetahui bagaimana tips untuk memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan. Sebab jawaban yang Anda berikan, akan menjadi langkah untuk meraih kesuksesan dalam menghadapi wawancara kerja.

Tanya-jawab dalam wawancara kerja menjadi hal pokok yang tidak bisa dianggap sepele. Tes ini akan berjalan dengan baik, apabila Anda bisa mencairkan suasana dengan membangun komunikasi yang baik pula. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui pertanyaan yang mungkin menyulitkan anda dalam mengambil jawaban.

Salah satu pertanyaan yang kerap menyulitkan kandidat adalah;

‘Apa motivasi Anda untuk bekerja di perusahaan ini?’,

pertanyaan ini memberikan kesan yang sangat sederhana, namun sebetulnya rumit. Sebab, tidak ada patokan bagaimana cara menjawab pertanyaan yang satu ini dengan benar. Akan tetapi bila Anda tidak mengutarakan motivasi dengan jelas, pewawancara akan kesulitan untuk menangkap intinya. Karena, untuk pertanyaan yang satu ini pewawancara akan berusaha memahami kata kunci dari motivasi Anda untuk memahami kunci keberhasilan Anda pada posisi yang Anda lamar. Untuk menjawab pertanyaan mengenai motivasi kerja saat interview, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini :

Jawaban Terbaik Mengenai Motivasi Kerja Saat Interview Kerja

Anda harus mengingat kembali faktor apa yang mendorong Anda untuk bekerja. Apakah alasan Anda bekerja karena memiliki minat pada pekerjaan tersebut atau Anda memiliki target yang ingin dicapai di masa depan? Alasan-alasan tersebut harus Anda pikirkan dari sekarang. Ungkapkan jawaban itu secara spontan agar tidak terkesan sudah dipersiapkan. Sebab, pewawancara lebih menyukai kandidat yang memberikan jawaban spontan.

Baca Juga : 4 Alasan Kenapa Berbohong dalam Resume adalah Hal yang Tabu Dilakukan

Hindari untuk memberikan jawaban yang bertopik materi. Walaupun Anda bekerja karena butuh uang, tapi jangan pernah ungkapkan masalah ini secara langsung untuk menjawab pertanyaan motivasi tersebut.

Sebagai alternative, Anda bisa memilih jawaban yang bersifat relevan dan positif pastinya. Utarakan motivasi kerja sesuai dengan posisi yang tengah Anda lamar. Pada saat mengungkapkan apa motivasi Anda, gunakanlah kata-kata yang positif agar menggerakkan pewawancara untuk menaruh rasa kepercayaan pada Anda. Tujuannya tidak lain agar mereka menjadikan Anda sebagai salah satu bagian dari perusahaan mereka.

 Untuk memudahkan kembali jawaban yang harus diambil oleh Anda. di bawah ini ada beberapa contoh untuk pertanyaan tersebut :

  • “Saya bertanggung jawab pada beberapa proyek, di mana saya berada di dalam tim pengembangan dan pelaksanaan program. Tim bisa melakukan pengiriman tepat waktu untuk produk perangkat lunak.”
  • “Saya sangat termotivasi oleh tantangan untuk menyelesaikan proyek lebih awal dari tempo yang diberikan dan mengelola tim agar bisa mencapai target.”
  • “Saya selalu termotivasi oleh keinginan untuk melakukan pekerjaan di posisi apapun untuk menjadi yang paling unggul dan bisa sukses dalam pekerjaan saya, baik itu untuk kepuasan pribadi atau pimpinan.”
  • “Saya selalu memastikan bahwa klien perusahaan saya untuk mendapatkan layanan pelanggan terbaik. Selain itu, saya selalu menganggap hal itu sebuah hal penting untuk saya, perusahaan dan tentunya klien guna memberikan pengalaman pelanggan yang positif.”

Contoh-contoh di atas tidaklah menjadi acuan mutlak yang harus Anda ikuti. Pada intinya, pada saat memberikan jawaban dari pertanyaan ini haruslah hal yang mudah dipahami oleh pewawancara. Hal yang perlu Anda tekankan adalah jangan pernah menjawab pertanyaan ini dengan membawa urusan pribadi, misalnya uang dan keluarga. Jadi, gunakanlah contoh-contoh di atas agar Anda bisa memberikan jawaban terbaik mengenai motivasi kerja saat interview.