Ini Berbagai Pertanyaan tentang Mencari Kerja yang Paling Sering Muncul dan Jawabannya

pertanyaan tentang mencari kerja
sumber: ihire

Mencari pekerjaan adalah sebuah hal yang kompleks. Pada setiap langkah yang Anda ambil, mulai dari menulis resume, membuat cover letter, membangun jaringan, menghadiri wawancara, bernegosiasi gaji, dan lain-lain, ada jutaan pertanyaan berbeda yang bisa Anda tanyakan. Beberapa dari pertanyaan tentang mencari kerja yang paling umum adalah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Tak heran, karena hal-hal ini memang sering kali membuat bingung para pencari kerja.

3 Pertanyaan tentang Mencari Kerja Paling Sering Ditanyakan

“Saya sudah mengirimkan banyak lamaran kerja, tetapi belum mendapat respon. Apa yang salah?”

Sumber : bonfirehealth

Pertanyaan tentang mencari kerja yang ini sangat umum ditanyakan, baik oleh mereka yang baru lulus dari bangku pendidikan maupun pencari kerja level senior. Ketika bicara tentang mengirimkan lamaran pekerjaan, yang terpenting sebenarnya adalah kualitas, bukan kuantitas. Jika Anda tidak mendengarkan jawaban apa pun, Anda mungkin perlu memikirkan ulang apakah Anda sudah melamar pekerjaan-pekerjaan yang tetap. Tidak ada yang salah dengan memiliki target tinggi, tetapi jika Anda tidak memiliki pengalaman langsung untuk bekerja pada posisi yang Anda inginkan, Anda mungkin harus mempertimbangkan melamar pekerjaan sebagai batu loncatan.

Selain itu, coba periksa kebiasaan Anda, apakah Anda sudah membuat resume dan CV Anda spesifik dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar? Perhatikan persyaratan kunci setiap pekerjaan dan pengalaman yang diminta. Pastikan Anda memiliki seluruh atau sebagian besar dari yang diharapkan dan sesuaikan resume Anda menggunakan bahasa yang sama dengan apa yang dicari pada deskripsi pekerjaan. Jika masih susah, carilah kenalan di perusahaan target Anda dan mintalah untuk merekomendasikan Anda.

Baca Juga: Ingin Menghemat Waktu saat Mencari Kerja? Begini Caranya yang Efisien

“Apakah melamar kerja di luar kota akan mengurangi kesempatan diterima?”

Sumber: Myoptimalcareer

Mungkin, ini tidak menyenangkan buat Anda, tetapi jawaban dari pertanyaan tentang mencari kerja ini adalah “tergantung.” Jika perusahan tersebut tidak memiliki anggaran untuk mengakomodasi biaya relokasi, atau jika sudah ada cukup banyak orang lokal yang memiliki kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan, maka mungkin mereka tidak akan mau mewawancarai kandidat dari luar kota. Namun jika Anda merasa memiliki keahlian yang unik atau sulit ditemukan dan perusahaan tersebut memang memiliki catatan seringkali mempekerjakan kandidat yang berasal dari luar kota, maka lokasi Anda mungkin tidak akan jadi penghalang. Anda hanya harus menyatakan dengan jelas bahwa Anda mau pindah.

Tempat terbaik untuk menyatakan ini adalah di cover letter atau bahkan di bagian paling atas resume Anda. Tunjukkan pula bahwa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut, meskipun Anda tak berasal dari kota yang sama.

“Saya harus punya pengalaman untuk mencari kerja, tetapi untuk dapat pengalaman juga harus kerja dulu. Lalu, harus bagaimana?”

Sumber : medicmoscow

Pertanyaan tentang mencari kerja yang satu ini memang agak memusingkan, dan butuh pekerjaan yang agak ekstra. Tetapi, Anda sebenarnya bisa mendapatkan pengalaman tanpa menjadi karyawan full time di bidang sasaran Anda. Caranya juga ada bermacam-macam.

Coba carilah kesempatan untuk menjadi relawan bersama lembaga nirlaba. Kadangkala, menjadi relawan bisa mengantarkan Anda kepada pekerjaan sungguhan yang dibayar. Selain itu, pengalaman menjadi relawan bisa menjadi bahan yang sangat menarik untuk resume Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi resume Anda dengan melakukan pekerjaan freelance. Orang-orang kini banyak yang mau mempekerjakan freelancer yang tidak terlalu banyak memiliki pengalaman untuk proyek satu kali, terutama jika biayanya lebih rendah daripada menggunakan jasa perusahaan yang lebih besar.

Selain itu, tak ada salahnya juga dengan networking ala jadul. Mintalah teman, saudara, atau komunitas Anda koneksi yang bisa memberikan Anda pekerjaan level awal. Mulailah dari dasar, bekerja keraslah, dan belajarlah dari pengalaman tersebut.

1 COMMENT

Comments are closed.