Bocoran! Cara Efektif Jawab Tujuan Karier Jangka Panjang dan Pendek

Beberapa pertanyaan interview kerja sangat umum sehingga bersifat universal. Salah satunya, pertanyaan mengenai tujuan karier jangka panjang dan jangka pendek. Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara mengevaluasi kemampuan Anda untuk menilai hidup dan arah karier Anda. Jadi, Anda tak boleh meremehkannya. Agar Anda tak tergelincir, ini cara efektif untuk merespon pertanyaan tujuan karier jangka panjang dan pendek.

Pastikan Jawaban Anda Berkaitan

Idealnya, tujuan karier jangka panjang dan pendek saling berkaitan satu dengan yang lain. Ini menunjukan bahwa Anda memiliki rencana dan berkomitmen untuk mengikutinya. Tujuan jangka pendek Anda akan mengarah pada tujuan jangka panjang. Contoh tujuan karier jangka pendek yang bisa Anda ucapan, yaitu,

  • Saya ingin masuk ke dalam industri baru.
  • Saya ingin memelajari serangkaian skill baru.
  • Saya ingin mendapatkan pengalaman dalam leadership dan team-building.
  • Saya ingin menjadi cakap dalam industri Anda.

Melalui jawaban tersebut Anda bisa mengembangkan tujuan jangka panjang. Misalnya, tujuan jangka pendek Anda memelajari skill baru, maka Anda bisa mengatakan tujuan jangka panjang Anda untuk mendapatkan posisi manajerial sehingga Anda bisa memimpin sebuah tim.

Anda harus memberikan jawaban yang fokus untuk membimbing diri sendiri menuju masa depan yang Anda impikan. Jaga jawaban Anda tetap jujur, tetapi biarkan perusahaan dan posisi kerja yang memandu Anda.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ya! Ini Pentingnya Tersenyum saat Interview Kerja

Gabungkan Pernyataan Misi Perusahaan

Sebelum Anda menghadiri interview kerja apapun, kunjungilah situs perusahaan untuk mencari pernyataan misi, visi, dan serangkaian tujuan yang serupa. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menginformasikan jawaban Anda terhadap pertanyaan ini. Barangkali, perusahaan berharap menjadi pemimpin industri melalui inovasi dan kreativitas. Contoh tujuan jangkan pendek untuk interview, yaitu,

  • Saya ingin menjadi instrumen dalam membantu atasan saya dalam mengejar kompetisi.
  • Saya tertarik menerapkan bakat kreatif saya untuk mencapai hasil yang inovatif.
  • Tujuan saya adalah untuk bergabung dalam sebuah tim yang tidak menerima status terbaik kedua.

Dengan cara ini, Anda menunjukan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan tujuan karier Anda selaras dengan calon perusahaan.

Selaraskan Jawaban Anda dengan Pengalaman Anda

Untuk menjelaskan tujuan karier, hindarilah menjawab pertanyaan tujuan jangka panjang dengan aspirasi seperti, “Menjadi CEO untuk perusahaan Fortune 500”, atau “Memenangkan hadiah nobel”. Siapkan jawaban Anda untuk tetap selaras dengan keahlian, riwayat pekerjaan dan kemampuan Anda. Anda tidak ingin tampak seperti orang egois atau tidak masuk akal, bukan?

Pikirkanlah tentang langkah logis selanjutnya untuk karier Anda. Bila Anda adalah kandidat entry-level dalam dua tahun terakhir, Anda mungkin tertarik untuk menjadi team leader atau middle manager. Sebagai alternatif, Anda mungkin punya tujuan karier jangka pendek dan jangka panjang yang berkaitan untuk skill-building atau portfolio-developing.

Tekankan Keinginan Anda untuk Menemukan Pekerjaan Jangka Panjang

Bila Anda dapat menjawab pertanyaan ini dalam kerangka untuk perusahaan yang spesifik, Anda akan menempatkan diri pada posisi yang bagus untuk menang mudah dengan pekerjaan. Tekankan bahwa Anda mencari pekerjaan jangka panjang dengan perusahaan yang stabil.

Jangan menutupi fakta bila Anda telah berganti pekerjaan beberapa kali. Jelaskan juga kalau Anda mencari pekerjaan yang stabil sehingga Anda dapat tumbuh dengan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here