LENGKAP: Pertanyaan Umum Wawancara Kerja dan Jawabannya

Cara Menjawab Wawancara Kerja

Wawancara Kerja memang menjadi medan perang para pencari kerja. Pewawancara kerja selalu memiliki pertanyaan favorit yang kerap kali ditanyakan kepada para pelamar kerja. Cara terbaik untuk mengambil hati saat wawancara kerja atau interview kerja adalah dengan memikirkan dan menyiapkan terlebih dahulu jawabannya.

Beberapa pertanyaan ini juga tak hanya sering dijumpai saat wawancara kerja (job interview), tetapi juga saat Anda sedang mengobrol santai dengan kerabat ataupun sanak saudara.

Para pelamar kerja yang pintar akan menyiapkan diri terlebih dahulu sehingga mereka bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja tersebut secara efektif dan memberikan kesan yang baik di mata pewawancara kerja. Bagi sebagian orang, menulis jawabannya dengan teliti di selembar kertas cukup membantu mereka. Di lain pihak, bagi sebagian lainnya, sekadar corat-coret dan membuat catatan kecil saja sudah cukup. Cara apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda menyediakan waktu untuk melakukan persiapan sebelumnya.

Jika memungkinkan, mintalah anggota keluarga ataupun kerabat Anda untuk memberikan pertanyaan wawancara kerja dan jawablah pertanyaan tersebut tanpa melihat catatan yang telah Anda buat. Ciptakan suasana yang serupa dengan wawancara kerja yang sebenarnya. Anda juga bisa melatih diri Anda dengan berbicara di depan cermin seolah-olah Anda sedang menghadapi tes wawancara kerja.

Pertanyaan Umum yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja

Apa Kelemahan Anda?

Ya, pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling sering dilontarkan. Tentunya, sebagai manusia Anda memiliki kelemahan. Namun, pastikan Anda memberikan kelemahan yang “tepat” untuk pekerjaan ini dan berikan penjelasan yang tepat.

Apa Kelebihan Anda?

Pastikan kelebihan yang Anda utarakan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda minati. Jangan memberi jawaban yang mengada-ngada ataupun yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Pelajarilah cara yang baik untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja ini.

Bagaimana Cara Anda Melihat Diri Anda 5 Tahun Mendatang?

Jangan biarkan pertanyaan interview kerja ini memojokkan Anda. Yang ingin dicari tahu pewawancara kerja adalah berapa lama Anda akan bertahan di perusahaannya dan apa yang Anda pikirkan tentang masa depan Anda.

Apa yang Anda Ketahui tentang Kami?

Tunjukkan bahwa Anda benar-benar memiliki minat untuk bekerja di perusahaan dengan melakukan riset terlebih dahulu seputar perusahaan tersebut. Kebanyakan kandidat hanya sekedar menekan tombol “Apply” saja saat melamar. Tunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda tidak termasuk salah satu dari kandidat-kandidat tersebut.

Ceritakan tentang Diri Anda

Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan wawancara kerja yang ditujukan untuk mencari tahu tentang hobi Anda atau masalah pribadi Anda. Pelajarilah cara menjawab yang tepat dengan poin-poin yang efisien.

Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Saat menjawab pertanyaan interview kerja ini, arahkan jawaban Anda dengan cara mengemukakan kualifikasi yang Anda miliki untuk pekerjaan ini.

Kenapa Anda Ingin Bekerja di sini?

Pertanyaan wawancara kerja ini merupakan pertanyaan yang seolah-olah bertujuan untuk mencari tahu apa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bekerja di perusahaan tersebut. Namun, jangan salah tanggap. Yang ingin diketahui pewawancara adalah sejauh mana ketertarikan Anda terhadap perusahaan dan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Apa Alasan Anda Meninggalkan Pekerjaan yang Lama?

Berhati-hatilah saat menjawab pertanyaan wawancara kerja ini. Anda tak perlu menjelek-jelekkan perusahaan Anda yang sebelumnya. Kemukakanlah hal-hal baik yang Anda dapatkan jika Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda.

Jika Anda di-PHK: Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Anda?

PHK tidak pernah memandang bulu dan bukan semata-mata karena kesalahan yang Anda buat. Jadi, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut tanpa menjatuhkan perusahaan Anda sebelumnya.

Jika Anda Dipecat: Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Anda?

Pemecatan adalah hal yang kerap terjadi dan bukan berarti bahwa Anda adalah pegawai yang buruk. Namun, terlepas dari segala alasannya, Anda bisa mengarahkan jawaban Anda saat wawancara kerja agar seolah-olah terlihat bahwa Anda bukanlah tipe orang yang membuat HRD enggan menerima Anda.

Ceritakan tentang Masa Pengangguran Anda

Menemukan pekerjaan setelah lama menganggur adalah hal yang cukup menantang. Namun, Anda tetap harus menjelaskan situasi Anda. Beginilah cara terbaik untuk menjawabnya saat wawancara kerja.

Apakah Ada yang Ingin Anda Tanyakan?

Jangan pernah menganggap sepele pertanyaan ini! Melontarkan pertanyaan yang bagus akan menjadi indikator bagi pewawancara kerja tentang minat Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Dari mana Anda Mengetahui Pekerjaan Ini?

Pertanyaan ini juga sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Tunjukkan minat Anda terhadap perusahaan dan jika memungkinkan sebutkan nama kerabat yang telah memberitahu Anda tentang lowongan kerja berikut. Bisa saja, mereka akan diberi hadiah karena telah merekomendasikan Anda dan kemungkinan Anda untuk diterima pun semakin meningkat.