Ini Pertanyaan Wawancara yang Bisa Anda Ajukan untuk Menemukan Kandidat Sales Unggul

kandidat sales
Sumber: salesdrive

Karyawan dalam bidang sales atau penjualan adalah wajah dari perusahaan Anda. Karena itu, sudah jelas bahwa pentingnya menemukan kandidat sales unggul harus dijadikan prioritas setiap bagian tim HR saat melakukan rekrutmen. Anda pasti tahu betapa kritisnya menemukan kandidat sales yang handal dan bisa melampaui ekspektasi dari perusahaan. Setelah menemukan orang yang menarik, Anda pasti juga tahu bahwa adalah sesbuah tantangan untuk merekrut mereka. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan cara untuk memahami pikiran dan kepribadian mereka.

Bagaimana caranya? Sebagai seorang manajer atau anggota tim HR, Anda tidak diberkati kemampuan untuk membaca pikiran, tetapi Anda bisa menggunakan proses wawancara untuk menanyakan hal-hal yang paling bisa mengungkap mengenai kandidat. Hanya dengan beberapa pertanyaan berikut, Anda akan bisa menemukan kandidat sales yang paling sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tanyakan 3 Hal Ini Pada Kandidat Sales Person saat Wawancara Kerja

“Ini adalah gambaran umum klien saat ini, bagaimana cara Anda melakukan upsell?”

Wawancara kerja sales
Sumber: Careerconfidential

Kemampuan beradaptasi adalah sebuah keahlian yang sangat kritis bagi semua perwaklan sales. Seorang sales harus mampu untuk meloncat dari satu klien ke klien lainnya, produk ke produk lainnya, dan bahkan satu industri ke industri lainnya. Mengerti dari awal wawancara apakah seorang kandidat sales bisa menjual produk atau jasa ke klien-klien spesifik Anda adalah cara terbaik untuk menyaring kandidat yang tidak cocok untuk tim Anda.

Baca Juga: Jangan Gugup! 6 Cara Ini Bisa Dilakukan agar Sukses Interview Kerja di Bidang Keuangan

Seiring dengan jawaban kandidat, dengarkanlah frase-frase kunci atau kata-kata yang menunjukkan bahwa sang kandidat memiliki karakter mampu beradaptasi. Misalnya, mereka yang bicara secara langsung mengenai gol-gol klien, keberatan sebelumnya, dan pengeluaran saat ini adalah kandidat yang memperhatikan detail-detail spesifik. Ini menunjukkan bahwa mereka siap memahami kebutuhan unik dari klien-klien Anda.

“Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya?”

Jangan Tertipu! 4 Pertanyaan Interview Kerja Dari Pewawancara Ini Bisa Jadi Jebakan
Sumber: Wellandgood

Industri sales adalah sebuah bidang yang dikenal memiliki tingkat keluar masuk karyawan yang sangat tinggi. Beberapa turnover bukan hal buruk, seperti ketika Anda membiarkan karyawan dengan performa yang rendah untuk keluar dari perusahaan. Namun, ini membuat banyak perekrut kesulitan untuk mendapatkan kandidat sales berkualitas yang akan bertahan di perusahaan.

Temukan alasannya mengapa para kandidat yang Anda wawancarai ingin atau gemar berpindah. Apakah mereka ingin meningkatkan karir mereka dalam bidang ini? Apakah mereka mudah bosan? Apakah mereka selalu mencari kesempatan yang lebih baik dan karena itu melirik perusahaan Anda? Apakah mereka merasa cocok dengan produk Anda?

Berhati-hatilah dengan red flag yang menunjukkan bahwa kandidat nampak tidak punya semangat yang diperluakn untuk bertahan di sebuah peruahaan untuk waktu yang lsms.

“Apa karakter paling penting dari seorang sales person?”

pertanyaan untuk kandidat
sumber: flexjobs

Ini adalah sebuah pertanyaan yang akan menghasilkan serangkaian kemungkinan jawaban yang berbeda, dan ini adalah sebuah hal yang baik. Untuk menemukan kandidat sales terbaik, Anda perlu menarik kandidat ke luar dari zona nyaman mereka dan membuat mereka berbicara tidak berdasarkan skrip. Menanyai kandidat pertanyaan ini pada saat wawancara dan bukannya pada aplikasi lamaran kerja akan mendorong mereka untuk bicara dengan jujur.

Kandidat sales yang sudah sukses dengan jalan karir mereka akan tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan ini dengan segera. Coba perdalam respon tersebut dengan memberi follow up untuk menanyakan mengapa sang kandidat menganggap karakter tersebut adalah yang terpenting.

Coba dengarkan respon-respon yang menyertakan pengalaman atau pikiran pribadi, seperti yang diawali dengan:

  • “Berdasarkan pengalaman saya…”
  • “Klien-klien saya mengapresiasi ini karena…”
  • “Saya merasa cocok dengan bidang ini karena karakter ini.”

Jika sang kandidat sales mampu membicarakan pengalaman-pengalaman kerjanya di masa lalu untuk menjelaskan jawabannya, maka Anda tahu bahwa sang kandidat sudah sukses menggunakan karakter ini.

Beri komentar Anda tentang artikel ini