Berkarier atau Menikah? Pertimbangkan Hal-Hal Ini Dulu!

Saat karier sedang menanjak dan hubungan dengan pacar semakin hangat, pernahkah Anda galau memilih berkarier atau menikah? Kegalauan semacam ini sangat lumrah dimiliki anak milenial belakangan ini. Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum memutuskan akan terus berkarier atau menikah.

Cek Finansial Sebelum Memutuskan Akan Berkarier atau Menikah

Ingat, menikah bukan hanya perkara mempersatukan dua orang yang saling mencintai. Pernikahan juga bukan sekadar pesta resepsi yang indah, melainkan komitmen seumur hidup yang terjadi sekali dalam hidup Anda. Untuk komitmen sebesar itu, tentu Anda butuh finansial yang cukup bukan?

Sebelum menetapkan pilihan, buat peta perjalanan Anda mulai sekarang hingga kelak membina rumah tangga. Pertimbangkan kebutuhan yang bertambah banyak setelah menikah, termasuk rencana investasi hingga tabungan pendidikan anak. Kalau Anda merasa belum siap, ada baiknya Anda membangun finansial yang lebih baik terlebih dahulu mulai sekarang.

Baca Juga: Ini Dia Tips Menghemat Biaya Nikah yang Bisa Dicoba

Lihat Juga Tujuan dan Impian yang Anda Buat

Saat sudah menikah, tentu fokus hidup Anda akan berubah. Anda tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri, melainkan juga pasangan. Oleh sebab itu, Anda perlu kembali meninjau tujuan dan impian yang Anda miliki sebelum memutuskan berkarier atau menikah.

Memang, pernikahan bukan menjadi halangan untuk melanjutkan mimpi dan target Anda. Namun, perlu diingat bahwa fokus Anda akan sedikit terbagi setelah menikah. Pastikan Anda sudah siap mengahadapi risiko terhadap apa pun yang Anda pilih.

Baik Berkarier atau Menikah, Keduanya Punya Beban Tanggung Jawab Berbeda

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa mengejar karier akan jauh lebih menyenangkan daripada menikah. Begitu pula sebaliknya. Jadi, buang jauh-jauh pikiran untuk membuat sebuah keputusan demi tujuan paling membahagiakan.

Saat menikah, Anda punya tanggung jawab pada keluarga kecil Anda yang baru. Sementara, saat masih single, Anda bertanggung jawab pada masa depan Anda sendiri. Jadi, yang harus Anda pahami adalah kesiapan Anda dalam mengemban tanggung jawab tersebut, entah itu menikah maupun berkarier.

Kedewasaan Menjadi Kunci dalam Memutuskan Berkarier atau Menikah

Terakhir, Anda perlu memikirkan masak-masak kedua pilihan ini sebelum membuat keputusan besar. Oleh sebab itu, kedewasaan sangat diperlukan dalam mengambil keputusan antara berkarier atau menikah. Pikirkanlah jalan mana yang ingin Anda tempuh terlebih dahulu, siapa tahu dengan karier lebih baik, kondisi finansial Anda pun bisa lebih siap.

Namun, semua pilihan kembali ke pribadi masing-masing. Seseorang mampu dikatakan dewasa ketika dia siap menghadapi risiko-risiko yang muncul dari pilihan hidupnya. Jadi, tidak perlu terburu-buru memutuskan hal ini ya!

Bagaimana? Apakah Anda masih galau antara berkarier atau menikah? Mungkin salah satu harus dikorbankan sementara, tetapi Anda bisa juga membuat keduanya berjalan beriringan kalau Anda mempersiapkannya dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here