Pertimbangan Berganti Karier di Masa Pandemi yang Harus Kamu Tahu

Pertimbangan berganti karier sepertinya sedang dialami beberapa orang selama masa pandemi ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 ini berimbas besar pada beberapa industri pekerjaan. Bahkan, pemutusan hubungan kerja pun terpaksa dilakukan perusahaan untuk tetap bertahan.

Andai kamu juga tengah mempertimbangkan untuk loncat karier, ada hal-hal penting yang harus kamu renungkan dulu.

Tempat Kerja Sekarang Berdampak Parah

Kebanyakan pertimbangan berganti karier akan muncul saat industri tempat bekerja sekarang benar-benar jatuh. Salah satu contoh industri yang cukup terdampak adalah perhotelan. Di masa pandemi ini, banyak hotel yang merugi dan tidak jarang juga orang-orang yang bekerja di dalamnya mengalami PHK.

Jika tempat kerjamu jelas terkena dampak parah dari pandemi, kemungkinan untuk ganti karier lebih besar. Pertama, siapkan dan tenangkan hati terlebih dahulu sebelum buru-buru mencari pekerjaan baru. Selama pandemi belum berakhir, besar kemungkinan industri seperti perhotelan harus mengalami perlambatan.

Cek Dulu Waktu dan Biaya untuk Belajar Hal Baru

Saat hendak ganti karier, pikirkan dulu apa yang akan kamu lakukan. Memang sudah banyak pekerjaan yang membebaskan kamu bekerja lebih fleksibel dari rumah. Namun, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan yang baru.

Periksalah tabungan yang kamu miliki jika berniat untuk mempelajari hal-hal baru. Pastikan dana cadangan yang kamu miliki masih cukup untuk mengawali kehidupanmu dari nol. Jangan lupa pertimbangkan berapa lama waktu yang kamu perlukan mulai dari belajar, mencari pekerjaan, hingga mendapatkan pekerjaan baru.

Baca Juga: Bertahan dengan Pekerjaan Saat Ini, Kenapa Tidak? Ini Alasannya

Adaptasi dengan Pekerjaan Baru

Selanjutnya, pertimbangan berganti karier membutuhkan kesiapan hati untuk segera beradaptasi. Selama masa pandemi ini, pekerjaan sebagai freelancer menjadi jalan tercepat yang banyak dipilih orang-orang. Pekerjaan baru jelas membutuhkan adaptasi yang baru, mulai dari cara bekerja hingga memanajemen waktu.

Seseorang yang lambat beradaptasi dengan pekerjaan baru biasanya rentan mengalami stres. Ditambah lagi suasana pandemi masih sangat bisa menimbulkan kecemasan bagi sebagian besar orang.

Memantau Peluang Industri Kerjamu Sekarang

Namun, pahami juga bahwa tidak semua karyawan harus mengganti kariernya di kondisi krisis sekarang. Mungkin kamu mengalami pemotongan gaji dari perusahaan, tapi perusahaan tetap mempertahankanmu. Jangan buru-buru mengambil keputusan untuk resign demi mencari pekerjaan baru.

Selama industri kerjamu masih berpeluang tetap bertahan dalam beberapa bulan ke depan, ada baiknya kamu tetap bertahan. Ingat, berganti karier di masa krisis butuh kesiapan yang matang. Meski pendapatan terpaksa berkurang, bersabarlah dengan pekerjaan sekarang dan percayalah semua akan membaik selepas pandemi berakhir.

Pertimbangan berganti karier menuntut kamu untuk menyiapkan banyak hal terlebih dahulu. Jangan terburu-buru terbawa perasaan dalam memutuskan karier di masa pandemi ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here