Sudah Nggak Betah Kerja, Haruskah Resign Saat Pandemi?

Gara-gara pandemi COVID-19, tidak sedikit perusahaan yang harus merumahkan karyawannya. Sebaliknya, adanya pandemi juga menyebabkan karyawan semakin ingin untuk resign dari pekerjaannya.

Ada beberapa alasan yang membuat karyawan ingin resign di masa pandemi. Yang pertama, yaitu perusahaan memangkas gaji karyawannya. Di sisi lain, belum ada kepastian kapan masa pandemi akan berakhir. Sehingga karyawan merasa waktunya akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk melakukan aktivitas lainnya. Semisal, pindah ke perusahaan lain atau mendirikan bisnis.

Sedangkan sebagian karyawan yang lain mungkin sudah lama ingin resign karena alasan tertentu. Semisal, tidak ada kepastian karier, suasana kerja tidak nyaman, atau stres karena pekerjaan.

Apakah resign di masa pandemi merupakan keputusan yang tepat? Kalau kamu ingin resign saat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Bagaimana Kondisi Kariermu?

Di masa pandemi seperti saat ini, bagaimana posisi kariermu? Apakah kamu seorang fresh graduate, sedang mulai mengembangkan karier, atau sudah memiliki karier cemerlang?

Seperti yang diketahui, di masa pandemi ini banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan kerja. Kalau kamu belum punya karier yang baik, ada baiknya mempertimbangkan kembali keputusan untuk resign. Apalagi jika kamu belum banyak memiliki kemampuan dan pengalaman.

Di sisi lain, kalau kamu merasa kariermu sudah mapan, itu juga bisa jadi pertimbangan untuk tetap bertahan di pekerjaan yang sekarang.

Baca Juga: Cemas Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi? Lakukan ini agar Aman

Seperti Apa Kondisi Finansialmu?

Untuk tahu bagaimana kondisi finansial yang kamu miliki kamu bisa melakukan cost-benefit ratio. Caranya dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan kalau kamu benar-benar resign di saat pandemi. Dalam hal ini dari sisi finansial.

Sebagai tambahannya, kamu juga bisa menjawab beberapa pertanyaan ini:

  • Berapa lama kamu bisa mendapatkan pekerjaan baru?
  • Kalau kamu mendirikan bisnis, berapa lama bisnis yang dibangun bisa menghasilkan profit?
  • Apakah kamu bakal mendapatkan pesangon?
  • Jika tidak mendapatkan pesongon, berapa lama kamu bisa bertahan dengan situasi keuangan yang ada sekarang?

Jika merasa alasan lebih kuat, kamu bisa melanjutkan niatmu. Tapi jika tidak, cobalah untuk mempertimbangkan kembali apakah kamu benar-benar akan resign di masa pandemi ini.

Merencanakan untuk Resign Saat Pandemi

Nah, kalau merasa masih ingin memerbaiki karier dan kondisi keuangan, kamu bisa melanjutkan keinginanmu untuk resign. Untuk itu, kamu bisa mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion atau situasi mu saat ini. Jangan lupa untuk mencari perusahaan yang benar-benar membutuhkan kemampuan dan pengalaman seperti yang kamu miliki. Sehingga kemungkinan untuk diterima lebih besar.

Sebaliknya, bagi yang masih ingin bertahan di pekerjaan sekarang, kamu bisa mencari alternatif lain selain resign di saat pandemi. Salah satunya, dengan mencari pekerjaan sampingan atau memulai merintis bisnis kecil-kecilan. Sehingga, kamu tetap mendapatkan penghasilan tambahan. Siapa tahu, pekerjaan sampingan atau bisnismu ini bisa menghasilkan pemasukan yang lebih besar dari pekerjaanmu yang sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here