Berencana Resign setelah Menikah? Coba Pertimbangkan Hal Ini Dulu!

Kebanyakan wanita dilema saat hendak resign setelah menikah. Memiliki dua peran sebagai istri dan karyawan memang tidak mudah. Belum lagi jika beberapa tahun kemudian katambahan peran sebagai ibu.

Jangan buru-buru memutuskan resign setelah menikah. Pastikan keputusanmu nanti bukan hanya terbawa emosi sesaat tanpa mikirkannya lebih dalam. Setidaknya pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini sebelum ambil keputusan.

Kehilangan Penghasilan Pribadi

Selama ini kamu terbiasa memiliki penghasilan sendiri sehingga bebas menggunakan uang untuk keperluanmu serta masa depanmu. Bayangkan jika kamu memilih resign setelah menikah. Otomatis kamu akan lebih banyak bergantung masalah keuangan ke suamimu bukan?

Andaikan kamu memilih resign, pastikan kamu sudah siap dengan risiko tidak memiliki penghasilan pribadi. Atau justru kamu siapkan rencana cadangan untuk bekerja lepas maupun bisnis online kecil-kecilan. Intinya, jangan sampai kamu menyesal gara-gara tak lagi punya kebebasan finansial seperti saat masih single.

Kesiapan Mental

Perhatikan pula masalah kesiapan mental kamu. Andai kamu terbiasa bekerja rutin di kantor, sudahkah kamu siap hanya berdiam di rumah selepas menikah? Apakah mental kamu cukup kuat untuk menjalani kehidupan yang benar-benar baru?

Memang tidak ada salahnya memilih resign setelah menikah, asalkan sudah punya kesiapan mental yang baik. Banyak juga loh wanita yang tiba-tiba merasa kehilangan semangat lantaran tidak bisa bekerja lagi. Coba renungkan ini baik-baik ya.

Baca Juga: Wanita Karier Berhenti Kerja Setelah Menikah? Hm, Apa Rasanya Ya…

Kenali Tujuan Hidupmu

Sebelum memutuskan resign atau tidak, coba tanya ke diri sendiri dulu: apa sih tujuan hidupku? Mengenali tujuan hidup dapat mempermudah kamu mengambil keputusan. Benarkah kamu sudah yakin dengan visi menjadi seorang istri dan ibu ataukah ada hal lain yang ingin kamu capai?

Pertimbangkan apakah tujuan hidupmu memang lebih mudah tercapai dengan lepas dari status karyawan. Tanpa paham visimu, kamu akan selalu berada di tengah kegamangan antara memilih bertahan atau melepas karier.

Minta Pendapat Orang Terdekat

Ada kalanya pendapat orang terdekat bisa membantumu mengambil keputusan. Coba ceritakan kegalauanmu kepada orang tua, saudara, pacar, atau sahabatmu. Pilih orang yang kamu rasa benar-benar mengenalmu dengan baik.

Kamu bisa juga belajar dari seseorang yang memilih resign setelah menikah. Amati dan pelajari kehidupannya, siapa tahu kamu jadi punya gambaran kehidupan kelak seperti apa. Mintalah beberapa masukan darinya sebagai bagian pertimbangan sebelum memutuskan.

Entah kamu jadi resign setelah menikah atau tidak, semoga kamu tetap pertimbangkan empat hal di atas ya. Pikirkan mendalam terlebih dulu sebelum mengambil keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here