Mengenal Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memahami perilaku konsumennya. Di masa pandemi ini, perilaku konsumen ikut berubah akibat adanya wabah virus COVID-19.

Perilaku konsumen merupakan segala tindakan konsumen yang berhubungan dengan pembelian produk ataupun jasa. Selain itu, cara konsumen merespon iklan juga merupakan bagian dari perilaku calon konsumen yang harus diperhatikan.

Dengan memahami perilaku konsumen, pemilik bisnis bisa mengambil banyak manfaat. Di antaranya:

  • Mengetahui kelemahan produk/jasa.
  • Mengenal harapan atau keinginan konsumen.
  • Mengetahui cara memberikan pelayanan yang tepat.
  • Memahami tingkat kepuasan konsumen.
  • Mengetahui dan menerapkan strategi marketing yang efektif.

Efek Pandemi COVID-19

Adanya wabah COVID-19 menyebabkan konsumen lebih memerhatikan kesehatan pribadi dan keluarganya. Baik cara hidup maupun cara mengonsumsi makanan.

Selain itu, aturan social dan physical distancing yang diberlakukan membuat konsumen lebih banyak berdiam diri di rumah, bekerja dari rumah dan bahkan bersosialisasi dari rumah. Hal ini membuat penghasilan konsumen ikut berkurang. Bahkan, ada konsumen yang harus kehilangan mata pencahariannya.

Belum ada yang bisa memperkirakan pandemi ini akan berakhir. Yang jelas, perubahan perilaku konsumen seperti ini tak urung mengubah cara konsumen menggunakan dan membeli produk/jasa.

Baca Juga: Hijab Corona: Inovasi Fashion yang Terinspirasi Wabah Covid-19

Perilaku Konsumen di Masa Pandemi

Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu harus memerhatikan perilaku konsumen. Lebih dari itu, kamu harus memerhatikan perubahan yang terjadi. Di masa pandemi ini, ada beberapa perubahan perilaku yang terlihat. Di antaranya:

Transaksi Online Semakin Marak

Agar tidak banyak keluar rumah, konsumen semakin banyak yang memilih untuk melakukan transaksi online. Selain karena cepat, transaksi online mengurangi resiko paparan virus COVID-19.

Produk Sesuai Harga yang Dibayarkan

Hilang atau berkurangnya penghasilan membuat konsumen semakin ingin produk/jasa yang dibelinya memberikan manfaat/kegunaan seusai dengan harga yang dibayarkan.

Produk/Layanan yang Sehat

Konsumen semakin menginginkan produk yang dibelinya bebas dari resiko paparan COVID-19. Demikian pula jika konsumen menginginkan layanan jasa.

Penggunaan Green Product Meningkat

Tidak hanya menginginkan produk yang terbebas dari virus COVID-19, wabah pandemi turut meningkatkan kesadaran konsumen akan kesehatan pribadi dan lingkungan. Semisal, dengan lebih memilih produk yang bisa di daur ulang, produk diet dan higienis, dan lain-lain.

Variasi Kegiatan di Rumah

Semakin lama berada di rumah, konsumen menginginkan beragam produk yang bisa menghibur atau membantunya menghilangkan rasa bosan.

Dengan memerhatikan perubahan perilaku konsumen, kamu bisa menerapkan strategi yang tepat untuk memasarkan produk/jasa. Jika perlu, kamu bisa memodifikasi produk/jasa yang ditawarkan atau menawarkan produk yang benar-benar baru. Sehingga konsumen benar-benar mau membelinya karena produk tersebut memenuhi kebutuhannya di saat-saat seperti ini. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki bisa bertahan di masa pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here